Analisis Implementasi Kurikulum Di Sekolah Alam Lubuklinggau

Kalsum, Umi and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2021) Analisis Implementasi Kurikulum Di Sekolah Alam Lubuklinggau. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi umi kalsum.pdf - Accepted Version

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fokus masalah yaitu : bagaimana mengimplementasikan kurikulum dalam pembelajaran Di Sekolah Alam Insan Mulia Lubuklinggau. Kajian ini dilatar belakangi oleh perpaduan kurikulum dinas K13, kurikulum Islam Terpadu dan kurikulum alam itu sendiri yang digunakan dan dari program pembelajaran yang diimplementasikan Di Sekolah Alam Insan Mulia Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus di Sekolah alam insan mulia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji triagulasi data, dan menggunakan tehnik deskripsi analitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sekolah Alam Insan Mulia Lubuklinggau terkhusus pada Sekolah Dasarnya, Siswa memahami potensi dalam dirinya, guru hanya berperan sebagai fasilitator pengembangan belajar siswa. Implementasi pembelajarannya berpedoman pada buku BBA (belajar bersama alam) untuk green lab dan wast bank dengan berpaduan buku dari dinas (K13) dan kurikulum alam, untuk pembiasaan amalan yaumiyah pada anak, sekolah alam insan mulia ini berpacuan kepada sekolah yang menggunakan kurikulum Islam Terpadu. Ada 4 pilar konsep kurikulum yang harus dicapai di Sekolah Alam Insan Mulia Lubuklinggau yaitu yang utama pada akhlaq, logika, interpreneur dan leadership yang bertujuan untuk menjadi Kholifah Rahmatan Lil ‘Alamin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kalsum, UmiUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum alam, Implementasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item