Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah Inklusi pada Kelas Viii di SMP Muhammadiyah Tempel Rejo

Nur'aini, Desi and Azwar, Beni and Ristianti, Dina Hajja (2019) Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah Inklusi pada Kelas Viii di SMP Muhammadiyah Tempel Rejo. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi desy nuraini.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk penyandang cacat. Pendidikan inklusi tujuannya agar ABK dapat bersosialisasi dengan non ABK di lingkungan sekitarnya dan melatih non ABK untuk menghargai perbedaan agar keduanya dapat hidup berdampingan tanpa menjadikan perbedaan sebagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang sistem perencanaan pembelajaran, sistem pelaksanaan pembelajaran dan sistem evaluasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Tempel Rejo. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian teknik analisis data dan menggunakan reduksi data, penyajian dan verifikasi atau kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh Proses pembelajaran inklusi dikelas VIII dilaksanakan dalam kelas penuh, Sistem perencanaan pembelajaran dimulai dari silabus itu ada dan disamakan dengan anak ABK, RPP yang digunakan pada umumnya sama dengan sekolah umum sedangkan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) menggunakan PPI (Perangkat Pembelajaran Inklusi), Materi dalam pembelajaran dipakai buku yang sama. Sitem pelaksanaan pembelajaran Strategi dan Metode yang digunakan oleh guru PAI tersebut meliputi strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran pengalaman, strategi pembelajaran pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri yang dilaksanakan melalui beragam metode dan teknik pembelajaran. Dalam penerapannya, terdapat perbedaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI terhadap siswa yang satu dengan yang lainnya. Hal ini mengacu pada kondisi fisik dan psikologis siswa. Sistem Penilaian dalam pembelajaran mempunyai perbedaan dimana siswa normal dalam evaluasi ditugaskan untuk mandiri sedangkan ABK lebih dibimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nur'aini, DesiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Ristianti, Dina HajjaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Strategi Guru PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item