Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah Iain Curup (Tinjauan Analisis POSDCoRBC)

Tussadiyah, Halimah and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yusefri, Yusefri (2020) Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Jamiah Iain Curup (Tinjauan Analisis POSDCoRBC). Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
TESIS HALIMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ma’had Al-jamiah awalnya pengelolaan pembelajaran tahfidz belum menggunakan fungsi manajemen, dan pada saati ini di Ma’had sudah mulai menerapkan fungsi manajemen tersebut, sehingga peneliti ingin menggali lebih dalam tentang Pembelajaran tahfidz Al-qur’an Di Ma’had Al-jami’ah IAIN Curup (Tinjauan Analisis POSDCoRBC). Masalah ini diangkat berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua mahasanti ma’had al-jami’ah IAIN Curup mencapai target hafalan yang telah di tetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tahfidz, untuk mengetahui pengorganisasian pembelajaran tahfidz, mengetahui pengarahan pembelajaran tahfidz, mengetahui pelaporan pembelajaran tahfidz, pengkoordinasian pembelajaran tahfidz, penyusunan personil pembelajaran tahfidz, penganggaran dana, dan pengawasan dalam pembelajaran tahfidz di Ma’had Al-jami’ah IAIN Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Ma’had Al-jamiah IAIN Curup pada bulan januari 2020-maret2020, subjek dalam penelitian ini adalah pengelola ma’had, direktur ma’had, ketua asrama, guru tahfidz dan santri. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu terdiri dari 3 komponen analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini yaitu; (1) perencanaan pembelajaran tahfidz Al-qur’an di Ma’had Al-jami’ah IAIN Curup, tidak menggunakan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) akan tetapi menggunakan target hafalan yang disusun oleh guru Tahfidz, melalui rapat koordinasi, dan merencanakan, media, metode dan pendekatan pembelajaran. (2), Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian tugas dan tanggung jawab serta pembuatan struktur guru pengampu tahfidz, (3) Pengarahan dilakukan dengan diadakannya rapat setiap awal semester dan di akhir semester meliputi memberi bimbingan, (4) Pelaporan hasil belajar tahfiz ini dilakukan setiap 1 semester sekali, yakni di laksanakan pada kahir semester ganjil dan genap, (5) Penyusunan personil, sudah di secara baik sesuai dengan kemampuan ustad dan ustadzahnya masing-masing, dan pada saat memilihnya dilihat dari segi bacaannya, tajwidnya dan makhorijul hurufnya sudah benar-benar baik, (6) Penganggaran dana untuk pembelajaran tahfidz di ma’had sudah ada dari DIVA IAIN Curup dan di terima oleh guru yang mengajara tahfidz di setiap akhir semester, (7) Pengkoordinasi, sudah dilakukan oleh direktur ma’had yaitu dengan diadakannya pertemuan seperti rapat (8) Pengawasan, sudah dilakukan dengan baik oleh pihak ma’had, yakni dengan dilakukannya absensi setiap kegiatan pelaksanaan proses belajar tahfidz, guna untuk mengecek guru yang hadir dan tidak hadir.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Tussadiyah, HalimahUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Yusefri, YusefriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ”Pembelajaran Tahfidz Al-qur’an”
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LA History of education
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item