Hartati, Serli and Noprizal, Noprizal and Hendrianto, Hendrianto (2018) Pangsa Pasar Dan Relasinya Terhadap Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Bsm (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kc Curup). Diploma thesis, IAIN CURUP.
Text
Pangsa Pasar dan Relasinya Terhadap Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur BSM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kondisi Pangsa Pasar suatu produk atau jasa sangat menentukan keberhasilan suatu bank dalam memasarkan produknya. Penentuan pangsa pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pasar yang akan dimasuki, siapa yang menjadi konsumen produk tersebut dan berapa besar pesaing untuk menawarkan produk-produk bank. Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Curup memiliki berbagai macam produk-produk tabungan, salah satunya adalah produk tabungan mabrur BSM. Melihat mayoritas Kab. Rejang Lebong adalah muslim, hal ini seharusnya menjadi peluang besar untuk bank dalam menawarkan produknya tabungan mabrur BSM yang berorientasi pada Haji/umroh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pangsa pasar perbankan pada produk tabungan mabrur BSM KC Curup. 2)Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan mabrur BSM KC Curup. 3) Untuk mengetahui bagaimana relasi antara pangsa pasar terhadap strategi pemasaran pada produk tabungan mabrur BSM KC Curup. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data yang dihasilkan. Sumber data utama dari penelitian ini bersumber dari data lapangan dengan cara mengumpulkan data dari informan yang memahami mengenai produk tabungan mabrur pada Bank Syariah Mandiri KC Curup. Selain itu data juga didapat dari studi kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi Pangsa Pasar Terhadap Strategi Pemasaran Pada Produk Tabungan Mabrur BSM KC Curup, dilihat dari segmentasi geografis terdapat peluang umat islam yang potensial untuk produk tabungan mabrur BSM berjumlah 70.947 orang dengan persentase 27,88%. Segmentasi demografis yakni usia, jenis kelamin, generasi, agama, dan pekerjaan tidak dibatasi kecuali agama. Segmentasi perilaku disesuaikan dengan kelompok masyarakat muslim dan segmentasi psikografis disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat muslim. 2) Strategi pemasaran dilakukan dengan 4 indikator yakni pada strategi produk dengan menciptakan logo, moto dan label. Strategi harga produk tabungan mabrur BSM ditetapkan Rp.25.100.000 dengan tabungan awal sebesar Rp.100.000. Strategi lokasi ditentukan pada wilayah islami seperti masjid dan madrasah. Dan strategi promosi dilakukan sama pada setiap nasabah dan tidak dibeda-bedakan terhadap jenis pekerjaan. 3) Relasi Antara Pangsa Pasar Terhadap Strategi Pemasaran Pada Produk Tabungan Mabrur BSM KC Curup dinyatakan memiliki hubungan, karena pada dasarnya bank melakukan penawaran produk tabungan mabrur BSM dengan melihat kondisi pangsa pasar terlebih dahulu dan disesuaikan dengan strategi yang dapat mempermudah bank tersebut dalam menawarkan produk tabungan mabrur BSM.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pangsa Pasar; Strategi Pemasaran; dan Relasi | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2019 12:15 | ||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2019 12:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/167 |
Actions (login required)
View Item |