Pengaruh Penggunaan Media Mock-up terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 165 Rejang Lebong

Denti, Hewiska and Kurniawan, Kurniawan and Oktori, Agus Riyan (2020) Pengaruh Penggunaan Media Mock-up terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 165 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOCK-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN .pdf - Accepted Version

Download (934kB)

Abstract

Ada kemungkinan tidak baiknya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA bisa terjadi karena guru memberikan metode pengajaran yang kurang menarik tanpa mempergunakan media pembelajaran yang mampu mengalihkan perhatian peserta didik serta membantu mereka mengerti yang disampaikan oleh guru. Penting untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN 165 Rejang Lebong. Peneliti memilih menggunakan media pembelajaran mock-up pada materi “Sistem Organ Tubuh Manusia” karena lebih relevan digunakan. Mock-up (alat tiruan sederhana) adalah tiruan dari benda sebenarnya dan sengaja dipilih bagian-bagian penting yang diperlukan saja untuk dibentuk sesederhana mungkin agar mudah dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Pada penelitian ini, peneliti melakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas V (lima) SDN 165 Rejang Lebong yang berjumlah 15 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan, dan uji kemampuan akhir (posttest) setelah pemberian perlakuan. Siswa kelas V SDN 165 Rejang Lebong tersebut merupakan kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol merupakan siswa kelas V SDN 127 Rejang Lebong yang juga berjumlah 15 orang. Dalam penelitian ini, tes hasil belajar siswa diberikan sebanyak dua kali, yaitu tes ketika sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikannya perlakuan (posttest), menggunakan soal-soal yang serupa. Selain itu, data juga didapat dari studi kepustakaan dan dokumentasi untuk merumuskan berbagai teori dan konsep yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil belajar siswa setelah penggunaan media mock-up pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 165 Rejang Lebong berdasarkan analisis data pada posttest kelas eksperimen memperlihatkan nilai minimal yang diraih oleh peserta didik adalah 35, sedangkan nilai maksimal adalah 75. Hasil rata-rata nilai kelas (mean) sebesar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN 165 Rejang Lebong yang ditetapkan pada mata pelajaran IPA yaitu sebesar 66, namun sudah terjadi peningkatan nilai rata-rata dibanding ketika sebelum diberikan perlakuan media mock-up. Media pembelajaran mock-up berpengaruh terhadap hasil atau hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 165 Rejang Lebong pada materi “Sistem Organ Tubuh Manusia”, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 dimana lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya data nilai posttest pada kelas eksperimen yang memiliki perbedaan dibandingkan data yang ada pada siswa kelas kontrol, walaupun tidak terlalu signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Denti, HewiskaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Oktori, Agus RiyanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media mock-up, hasil belajar siswa, kelas eksperimen, kelas kontrol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item