Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Masa Covid 19 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong

Eliza, Futri and Warlizasusi, Jumira and Warsah, Idi (2021) Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Masa Covid 19 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
FUTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran masa covid 19 yang bisa diterapkan adalah eLearning (Elektronic Learning). Konsep ini membawa pengaruh terjadinya transformasi pembelajaran konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara konten maupun sistemnya. Penerapan e-Learning dalam proses kegiatan belajar mengajar memerlukan persiapan antara sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, pendanaan, materi, sistem pengelolaan serta pengelola e-Learning maupun penggunaanya. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut; 1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana pembelajaran berbasis e-Learning masa covid 19 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong 2) Bagaimana manajemen pelaksanaan pembelajaran berbasis e-Learning di SMA Negeri 4 Rejang Lebong? 3) Apa kendala dan cara mengatasi permasalahan dalam pembelajaran berbasis e-Learning di SMA Negeri 4 Rejang Lebong? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purpose sampling. Uji kredibilitas data dan teknik analisisnya menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan 1) Manajemen Sarana Prasarana dalam pembelajaran e-Learning bidang hardware memadai dan mencukupi, bidang software perlu pembinaan secara berkala melalui 6 langkah penyusunan dan pengembangan meliputi analisis dan penyusunan, grand design, penyiapan SDM, pemilihan/ implementasi teknologi e-Learning, pengelolaan, peluncuran sistem dan evaluasi berkelanjutan 2)Manajemen pelaksanaan pembelajaran e-Learning dalam pelaksanaannya belum maksimal sebab masih kurangnya penguasan IT dikalangan guru dan siswa, namun ada peningkatan dalam motivasi, pembuatan multimedia dan interaksi guru dan siswa. 3) kendalanya dalam pembelajaran eLearning SDM, Jaringan Komunikasi, Susah mendapatkan penilaian afektif, psikomotorik, Pembagian waktu, Kurangnya motivasi orang tua, Nilai dibawah standar solusinya guru mengeksplor kemampuan serta kreativitas mencari inovasiinovasi, kepemimpinan kepala sekolah yang positif dan kuat, Monitor berkelanjutan, tanggung jawab siswa, pemberian Insentif.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Eliza, FutriUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran, Berbasis E-Learning
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item