Juwita, Risma and Istan, Muhammad and Arifin, Rahman (2021) Perilaku Konsumsi Masyarakat Muslim Terhadap Produk Label Halal DidEsa Muara Gula, Kecamatan Ujan Mas. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
POLA KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM DALAM PENGGUNAAN PRODUK LABEL HALAL .pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Konsumsi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Namun Konsumen dalam membeli produk tak sedikit memperdulikan produk yang dibeli pada label kehalalannya, karena masyarakat tersebut melakukan pembelian produk karena sudah pemakaian sehari-hari, sehingga masyarakat tidak memperhatikan label kehalalan. Latar belakang penelitian ini adalah pada pola konsumsi masyarakat muslim dalam penggunaan produk label halal tepatnya di desa Muara Gula, kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat muslim dalam penggunaan produk label halal dan mengetahui bagaimana kesadaran masyarakat muslim di desa Muara Gula dalam memilih produk yang berlabel halal. Masalah utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat muslim dalam penggunaan produk label halal di desa Muara Gula, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim dan bagaimana kesadaran masyarakat dalam memilih produk berlabel halal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah data dari lapangan melalui wawancara kepada masyarakat dan penjual. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa,1) kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi produk label halal masih minim.2) produk label halal sangat baik untuk dikonsumsi oleh umat muslim.3) Masyarakat kalau tidak berlabel halal maka masyarakat tidak mau beli. Namun, dari segi penjualan tidak mencerminkan sikap dan nilai-nilai islam maupun kejujuran karena hasil penelitian dan wawancara dengan masyrakat desa Muara Gula bahwa masih ada produk yang dijual sudah habis masa berlakunya (kadaluarsa). Kemudian label halal sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan masyarakat membeli.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsumsi, Produk,Label Halal, Masyarakat | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Mrs yuni hartini | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1663 |
Actions (login required)
View Item |