Efektifitas Media Sempoa dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong

Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2020) Efektifitas Media Sempoa dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EFEKTIFITAS MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATE.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : keterampilan berhitung merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika bahkan sebelum disebut matematika, pembelajaran ini dinamakan pembelajaran berhitung. Keterampilan berhitung dibutuhkan setiap aspek kehidupan sehari-hari. Selama ini pembelajaran matematika masih dianggap sebagai pembelajaran yang sangat sulit dipelajari serta gurunya kebanyakan tidak menyenangkan, hal ini akan menyebabkan turunnya prestasi siswa. Dalam peristiwa tersebut SDIT Ummatan Wahidah mengalami permasalahan hal yang sama yang mana siswa mereka sangat kurang kemampuan berhitung nya. Melihat kondisi ini tentunya sangat miris dengan keadaan siswa tersebut sehingga siswa semakin hari semakin buruk karena melihat mereka yang sangat kurang kemampuan berhitungnya, apalagi gurunya tidak menyenangkan hal ini tentunya akan lebih membosankan bagi siswa dan mereka rata-rata nilainya dibawah KKM. Jenis yang dipilih oleh peneliti yang bersifat deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong. Proses penelitian diawali dengan observasi untuk mengetahui bagaimana upaya guru Matematika dalam meningkatkan keterampilan berhitung. Selanjutnya, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan naratif atau penjelasan-penjelasan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswanya. Efektivitas media sempoa dilihat dari lima indikator keterampilan berhitung yaitu (1) perhatian siswa pada materi sudah baik (2) keberanian siswa dalam bertanya dan tampil ke depan mengerjakan soal sudah cukup baik (3) semangat siswa dalam mengikuti pelajaran sudah sangat baik (4) kemampuan siswa dalam berhitung sudah mulai baik (5) keaktifan siswa juga sangat baik. Jadi dari ke lima indikator ini bahwa siswa sudah mencapai indikator keterampilan berhitung tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sempoa, Keterampilan Berhitung, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item