Qodri, Ahmad and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Mutia, Mutia (2020) Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meminimalisir Pengaruh Negatif Teknologi Era Digital di SDUA Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR PENGARUH NEGATIF TEKNOLOGI ERA DIGITAL DI SDUA TAMAN HARAPAN CURUP.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi memungkinkan semua kalangan untuk dapat mengakses segala hal secara lebih mudah, perkembangan alat teknologi di era digital memiliki banyak manfaat, tetapi tidak dapat dipungkiri perkembangan alat-alat tekologi seperti handphone dan internet juga memiliki dampak negatif terutama untuk sifat dan karakter anak, oleh karena itu upaya sekolah sangat penting untuk meminimalisir dampak teknologi terhadap karakter anak ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDUA Taman Harapan Curup, karena sebagian besar orang tua murid memiliki perekonomian menengah ke atas, sehingga rata-rata anak sudah menganal alat-alat teknologi dengan cukup dekat. subjek pada penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, wali kelas, guru bidang study dan tenaga kependidikan. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tekhnik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi tekhnik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adapun bentuk dampak teknologi terhadap karakter siswa di SDUA Taman Harapan Curup, di antaranya dampak terhadap cara atau pola berkomunikasi siswa, dampak terhadap sikap dan perilaku siswa, dan dampak terhadap sikap siswa dalam belajar. (2) adapun strategi pendidikan karakter yang dilakukan sekolah dalam meminimalisir pengaruh teknologi terhadap karakter sikap hormat dan sopan santun siswa dilakukan dengan program pengembangan diri sekolah, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. (3) ada beberapa hal yang menjadi kendala bagi sekolah, di antaranya jumlah siswa, perbedaan sifat dan karakter anak, dan pengontrolan untuk siswa di luar sekolah lumayan sulit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pengaruh Teknologi, Karakter Siswa | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |