Manajemem Kepala Sekolah dalam Memberdayakan Guru dan Orang Tua Pada Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 Studi Pada MTsN 02 Kabupaten Sarolangun Jambi

Febriani, Fensi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Ifnaldi, Ifnaldi (2021) Manajemem Kepala Sekolah dalam Memberdayakan Guru dan Orang Tua Pada Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 Studi Pada MTsN 02 Kabupaten Sarolangun Jambi. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
thesis full.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepala sekolah merupakan jabatan karir yang diperoleh seseorang setelah berkarir menjadi guru yang cukup lama. Seseorang yang dipercayai menjadi kepala sekolah harus memenuhi kriteria-kriteria yang disyaratkan. PEran orang tua dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 02 Sarolangun melalui berkarakter adalah merupakan dasar yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan metode daring melalui indikator pembiasan spiritual, sosial, dan budaya. Untuk mengetahui pEran orang tua dan guru dalam mutu pendidikan melalui metode daring itu dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisa data diskriftif kualitatif yaitu dengan menggunakan data primer yang didapat dari lapangan dengan menggunakan wawancara kepada sumber informasi, dan dengan menggunakan data sekunder yang di peroleh dari penelitian kepustakaan, aturan perundangan yang berkaitan denga permasalahan diteliti sehingga pada akhirnya bisa menjawab semua permasalah yang ada dan selanjutnya disusun secara sistematis dalam bentuk tesis. Penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut 1) Kepala madrasah sudah melaksanakan tugasnya secara maksimal. Namun dalam penerapan pembelajaran daring ini tentunya banyak ditemukan kendala-kendala. Dengan ada manajemen kepala madrasah yang baik tentukan akan memberikan solusi sangat diperlukan dan juga seorang guru dan orang tua dalam membimbing dapat mengotimalkan kendala tersebut agar tercapainya. 2) Peran guru sebagai pendidik, motivator, pembimbing dan fasilitator yang dilakukan guru ialah membuat ilustrasi dengan menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Mendefinisikan materi dengan jelas, menganalisis pembelajaran bagian demi bagian. Seorang guru juga menyediakan media yang bervariasi demi memberikan pemehaman kepada perserta didik tetapi tidak terlepas dengan materi. 3) Orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Selain memfasilitasi orang tua juga sebagai motivasi karena selama belajar di rumah anak sangat membutuhkan motivasi dengan orang terdekat.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Febriani, FensiUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Pembelajaran Di Era Pandemi Covid 19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item