Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Siswa yang Menyimpang di Kelas VI MIN 04 Rejang Lebong

Hayatullah, Hayatullah and Susilawati, Susilawati and Gunawan, Guntur (2020) Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Siswa yang Menyimpang di Kelas VI MIN 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
HAYATULLAH.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang yaitu peneliti ingin mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengatasi perilaku siswa yang menyimpang di kelas VI MIN 04 Rejang Lebong. Sedangkan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku yang menyimpang pada siswa kelas VI, bagaimana peran guru kelas dalam mengatasi perilaku siswa yang menyimpang di kelas VI MIN 04 Rejang Lebong dan faktor penyebab menyimpangnya perilaku siswa kelas VI MIN 04 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Adapun subjek penelitian ini yaitu tertuju pada Wali Kelas VI, siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data adalah berupa wawancara terstruktur, serta melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penyimpangan berperilaku di MIN 04 Rejang Lebong yaitu menunjukkan betapa banyaknya para siswa yang terlibat dalam tingkah laku menyimpang. Kedua, peran guru kelas dalam mengatasi perilaku siswa yang menyimpang di MIN 04 Rejang Lebong yaitu guru melakukan sebuah pendekatan terlebih dahulu dalam mengatasi siswa yang melakukan pelanggaran atau penyimpangan. Ketiga, faktor penyebab terdiri dari faktor internal yaitu gangguan perasaan pada siswa, siswa melakukan pencarian jati diri. Faktor Eksternal yaitu faktor yang pertama yaitu faktor yang berasal dari dalam keluarga, faktor ekonomi keluarga, faktor yang ketiga yaitu, faktor pengaruh pergaulan seperti kebiasaan merokok maupun membolos sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hayatullah, HayatullahUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Perilaku
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item