Analisis Peran Guru dalam Memperbaiki Kemampuan Baca Tulis Siswa Kelas Rendah SDN 06 Rejang Lebong

Arahman, Afrizal and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2020) Analisis Peran Guru dalam Memperbaiki Kemampuan Baca Tulis Siswa Kelas Rendah SDN 06 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMPERBAIKI KEMAMPUAN BACA TULIS SISWA KELAS RENDAH SDN 06 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini dilakukan di SDN 06 Rejang Lebong pada semester II tahun ajaran 2019/2020, adapun masalah yang diidentifikasih dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan membaca dan kesulitan menulis pada siswa kelas rendah dan mendeskripsikan peran guru dalam memperbaiki kemampuan baca tulis pada siswa di SDN 06 Rejang Lebong tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dewan guru, dan wali kelas rendah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk kesalahan membaca pada siswa kelas rendah yaitu kesulitan anak mengenali huruf, kesalahan membaca pada setiap kata, dan kesalahan pengucapan kata dan penggunaan gerak bibir. Sedangkan bentuk-bentuk kesalahan menulis, yaitu kesalahan dalam menulis kata atau kalimat dan kesalahan dalam menulis angka. Adapun peran guru dalam memperbaiki kemampuan baca tulis pada siswa kelas rendah. Hal ini ditunjukan oleh di antaranya yaitu: (1)guru berperan sebagai demonstrator didalam kegiatan pembelajaran, (2)guru berperan sebagai pengelola kelas, (3)guru sebagai mediator pembelajaran, (4)guru sebagai fasilitator didalam pembelajaran (5)guru juga berperan sebagai motivator untuk siswa. Hal yang menjadi penghambat dalam upaya guru di antaranya motivasi siswa, minat belajar siswa, keseriusan siswa dalam belajar dan metode pembelajaran guru yang masih kontekstual, serta adapun hal yang mendukung peran guru di antaranya fasilatas-fasilitas dari sekolah yang memadai dan dukungan-dukungan dari kepala sekolah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arahman, AfrizalUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Peran Guru, Baca Tulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item