Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Smpn 7 Lebong

Carolin, Lola and Yanto, Murni and Khair, Ummul (2022) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Smpn 7 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Lola Carolin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dilatar belakang telah diketahui bahwa ada beberapa peserta didik yang kurang memiliki motivasi belajar yang kuat bisa dilihat dari masih banyak yang sering dihukum guru karena tidak mengerjakan PR yang diberikan guru masih banyak terdapat peserta didik yang enggan untuk bertanya apa yang kurang mereka pahami saat pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sisswa SMPN 7 Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lebong yang berjumlah 43 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 43 orang siswa sesuai dengan teori Arikunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan dk=42 dan α=5% harga untuk uji satu pihak= 0,304, karena harga lebih besar dari harga maka ha diterima dan h0 ditolak. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa motivasi dan prestasi belajar paling tinggi 70% dari yang diharapkan dapat diterima. (2) Variabel X (motivasi belajar)dan variabel Y (prestasi belajar siswa) memiliki hubungan positif yang sedang atau cukup dengan memperhatikan besarnya yang diperoleh yaitu : 0,624. Apabila hasil tersebut diinterpretasikan dengan mencocokkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi “r” product moment, rtabel besarnya berada pada taraf 0,40-0,70 yaitu berarti huungan antara variabel X (motivasi belajar) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) termasuk pengaruh positif yang sedang atau cukup. Dengan memeriksa “r” product moment untuk 41 dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 0,308 dan taraf signifikan 1% diperoleh=0,398 berarti > “r” tabel (0,624> 0,308 dan 0,398), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, Ha merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di SMPN 07 Lebong Kata ikunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Carolin, LolaUNSPECIFIED
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item