Penanaman Karakter Religius Siswa Usia Sekolah Dasar di Panti Asuhan Khoirul Walad Desa Duku Ilir

Sundari, Afrilia Nafa and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2020) Penanaman Karakter Religius Siswa Usia Sekolah Dasar di Panti Asuhan Khoirul Walad Desa Duku Ilir. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA USIA SEKOLAH DASAR DI PANTI ASUHAN KHOIRUL WALAD DESA DUKU ILIR.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Panti Asuhan merupakan suatu lembaga sosial yang mengasuh anak-anak yang berlatar belakang kurang sempurna dari segi kekeluargaan seperti anak yatim, anak piatu dan anak yatim piatu serta anak fakir miskin yang terlantar. Panti Asuhan Khoirul Walad adalah salah satu panti asuhan yang terletak di Desa Duku Ilir Kabupaten Rejang Lebong. Di panti ini sudah menerapkan karakter religius kepada santri-santrinya dengan melatih, membimbing, mencontohkan dan membiasakan kegiatan-kegiatan yang bersifat religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanaman karakter religius siswa usia sekolah dasar di panti asuhan Khoirul Walad di Desa Duku Ilir dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penanaman karakter religius siswa usia sekolah dasar di panti asuhan Khoirul Walad di Desa Duku Ilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumetasi untuk bukti penelitian. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, penanaman karakter religius yang dilakukan di panti asuhan Khoirul Walad desa Duku Ilir yaitu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat religius, merancang tata tertib yang harus dipatuhi santri, menyekolahkan santri di sekolah formal, membiasakan santri untuk menjalankan kewajiban umat muslim seperti sholat, dan mengaji. Kedua, Ada beberapa faktor penghambat yang menyebabkan terhambatnya proses penanaman karakter religius tersebut, di antaranya kurangnya pengawasan, kurangnya tenaga pendidik, dan pemahaman santri itu sendiri. Sedangkan beberapa faktor pendukung beberapa di antaranya adalah tersedianya fasilitas yang memadai, anak-anak mematuhi peraturan yang ada, serta anak-anak di sekolahkan di sekolah formal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, Afrilia NafaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Karakter Religius, Panti Asuhan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item