Wati, Eka Mira and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2019) Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 Di MIN 04 Kepahiang. Diploma thesis, IAIN CURUP.
Text
PELAKSANAAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI MIN 04 KEPAHIANG.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah, yaitu: guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian kurikulum 2013 yang harus menekankan penilaian pada 3 aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada proses dan hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas mengenai: 1) pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 di kelas 4, 5, dan 6 MIN 04 Kepahiang; 2) kendala guru dalam melaksanakan penilaian kurikulum 2013 di kelas 4, 5, dan 6 MIN 04 Kepahiang; 3) upaya guru dalam mengatasi kendala dalam menerapkan penilaian kurikulum 2013 di kelas 4, 5, dan 6 MIN 04 Kepahiang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Data yang terdapat dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang bersumber dari bahan kepustakaan. Data-data yang diperoleh tersebut dipaparkan dengan bahasa penulis sendiri dengan tetap berpedoman pada aturan penulisan karya ilmiah. Langkah dalam teknik analisis data yaitu, reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dalam kurikulum 2013 pada kelas IV, V pada aspek kognitif menggunakan tes tertulis, dan kelas VI menggunakan penugasan. Penilaian aspek afektif di kelas IV,V, dan VI menggunakan bentuk penilaian observasi. Sedangkan pada aspek psikomotorik di kelas IV guru hanya menggunakan bentuk penilaian produk. Di kelas V dan VI bentuk penilaian pada aspek psikomotorik yang digunakan bentuk penilaian unjuk kerja. Teknik penilaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik ini dilakukan setiap kompetensi dasar dan indikator mata pelajaran yang tergabung dalam subtema, dan tema yang dipelajari. Semua bentuk penilaian serta instrument penilaian yang guru gunakan sudah terlampir di dalam RPP. Kendala dalam pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dikelas IV, V dan VI MIN 04 Kepahiang yaitu, rumit dan repot, jumlah peserta didik yang banyak dan menyita banyak waktu, serta sulitnya pembagian waktu. Upaya guru dalam mengatasi kendala dalam penilaian kurikulum 2013 aspek kognitif, afektif dan psikomotorik di kelas IV, V, dan VI MIN 04 kepahiang yaitu, dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan dan saling berdikusi sesama antar guru, guru tidak melakukan penilaian peserta didik setiap pembelajaran tetapi disesuaikan dengan muatan pembelajarannya, guru selalu menilai peserta didik tepat waktu / tidak menunda-nunda
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2019 12:14 | ||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2019 12:14 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
View Item |