Inklusivitas: Aktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Perencanaan Strategis Pendidikan Islam di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Satria, Romi and Azwar, Beni and Sumarto, Sumarto (2021) Inklusivitas: Aktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Perencanaan Strategis Pendidikan Islam di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
INKLUSIVITAS AKTUALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PERENCANAAN STRATEGIS PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin menjadikan seorang muslim bersikap anti pada intoleransi, radikalisme dan ekstrim yang merupakan sikap ghuluw dalam beragama yang dicela oleh Allah subhanahu wata 'ala dan Rasululllah Shollahu'alaihi wasallam. Pembahasan dalam upaya perbaikan ini adalah moderasi Islam atau moderasi beragama Pendidikan sebagai wadah pembentukan sikap, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai moderasi beragama membutuhkan suatu perencanaan yang strategis, maka SMKIT Khoiru Ummah Rejang Lebong sebagai lembaga pendidikan Islam telah menunjukkan komitmen pada aktualisasi moderasi beragama ditandai dengan visi-misi dan tujuan pendidikan yang berusaha mengaktualisasi nilai-nilai moderasi seperti komitmen kebangsaan yaitu cinta tanah air, berpegang teguh dengan alquran dan sunnah yang disinergikan dengan penguasaan sains yang membuktikan inklusivitas pemahaman yang mendorong kemanfaatan bagi lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Sumber data diperoleh dari pengurus yayasan Al-Amin, Divisi Pendidkan yayasan Al-Amin, Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMKIT Khoiru Ummah serta siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner dan analisis data dengan model milles dan huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses perencanaan strategis di SMKIT Khoiru Ummah melalui kegiatan yang sistematis, 2) adanya upaya aktualisasi nilai-nilai moderasi dalam perencanaan strategis pendidikan Islam di SMKIT Khoiru Ummah sebagai implikasi penerapan inklusivitas dalam perencanaan strategis tersebut, 3) Terdapat beberapa nilai-nilai moderasi yang teraktualisasi dalam perencanaan strategis di SMKIT Khoiru Ummah, 4) Adanya sikap, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai moderasi siswa SMKIT Khoiru Ummah. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa perencanaan strategis merupakan kegiatan urgen dalam organisasi, sehingga aplikasi inklusivitas sebagai upaya aktualisasi nilai-nilai moderasi beragama sebagai pandangan pendidikan Islam dalam proses perumusan misi, strategi, kebijakan serta pada kurikulum, silabus dan RPP merupakan langkah yang strategis sehingga nilai-nilai moderasi yang dihayati dalam sikap, pemahaman dan pengamalan peserta didik yang pendidikan akan menghasilkan insan berwawasan keagamaan moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Satria, RomiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Sumarto, SumartoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perencanaan Strategis, Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Inklusivitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:50
Last Modified: 21 Feb 2023 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item