Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau

Syaputra, Perdinan and Asha, Lukman and Sari, Dewi Purnama (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 di SMA AL-IKHLAS LUBUKLINGGAU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah seluruh sektor kehidupan, salah satunya aspek pendidikan, dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara daring masih belum berjalan optimal seperti guru kurang aktif dalam memberikan pembelajaran, kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, metode pembelajaran yang kurang efektif, serta masih banyak siswa hasil belajarnya rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan dalam pembelajaran daring, agar siswa tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Untuk mengaplikasikannya maka diperlukan pembelajaran yang bervariasi. Proses belajar dan mengajar yang menarik dan menyenangkan membutuhkan kegiatan yang kreatif, inovatif dan menyenangkan agar siswa mampu berpikir kritis, kreatif dan konstruktif di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi kepada guru tentang mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemic covid-19 di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (kualitatif research) dengan metode penyelidikan studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode 1) wawancara (interview), 2) observasi (observation) dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Al-Ikhlas, telah melaksanakan proses pembelajaran yang berdasarkan pada Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh secara daring, namun masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala, seperti guru kurang aktif dalam memberikan pembelajaran, kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, metode pembelajaran yang kurang efektif, serta masih banyak siswa hasil belajarnya rendah. Dalam hal ini guru berperan penting dalam menjalankan proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 untuk tetap meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Dengan evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring kepala sekolah diharapkan mampu memberi manajemen yang baik dalam menjalankan pendidikan di sekolah dan terkhusus guru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik dan dikembangkan secara kreatif, agar siswa dapat belajar secara optimal walaupun dalam kondisi pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Syaputra, PerdinanUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Sari, Dewi PurnamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Evalusi Pembelajaran, Guru, Peningkatan Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:49
Last Modified: 21 Feb 2023 07:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item