Implementasi Teori Pembelajaran Bermakna Oleh Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada SMPN 04 Kepahiang

Adilla, Yosa Dina and Mustar, Saidil and Syaripah, Syaripah (2019) Implementasi Teori Pembelajaran Bermakna Oleh Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada SMPN 04 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi yosa dina adilla.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Teori pembelajaran bermakna merupakan salah satu alternatif untuk melakukan suatu perubahan, dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam lebih mudah di implementasikan. berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalahnya adalah, bagaimana Implementasi teori pembelajaran bermakna pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Kepahiang? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Mengetahui perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran bermakna pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah model penelitian kualitatif , dan jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode survey dengan pendekatan kualitatif. sedangkan teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. pengolahan data dilakukan dengan teknik analisa deskriptif kualitatif, kemudian membandingkan/ memeriksa, mengecek keabsahan data lalu data dirumuskan dalam bentuk kata-kata atau kalimat, tidak berbentuk angka atau tabel. Hasil penelitian di lapangan dapat di kemukakan bahwa, perencanaan teori pembelajaran bermakna pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Kepahiang belum maksimal dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran bermakna belum terlaksana dengan baik karna beberapa siswa ada yang belum bisa membaca tulis al-qur’an. Dan juga dalam faktor pendukung sangat kuat dengan di dukung oleh kepala sekolah. Adapun faktor penghambat juga masih ditemukan siswa/siswi yang blm bisa baca tulis al-qur’an dengan benar karena kurang nya pengajaran siswa di rumahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adilla, Yosa DinaUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan guru dalam menerapkan teori pembelajaran bermakna.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:49
Last Modified: 21 Feb 2023 07:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item