Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMPN 04 Lebong

Cintami, Yurike and sutarto, Sutarto and Nurjannah, Nurjannah (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMPN 04 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi yurike cintami.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia agar selamat di dunia dan akherat maka terlebih dahulu harus ada kemampuan untuk membacanya. Kemampuan membaca Al-Qur’an ini adalah salah satu tahap untuk memahami makna yang tekandung didalamnya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kemampuan membaca Al-Qur’an sangat penting karena apabila tidak mampu membaca Al-Qur’an maka siswa akan kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada materi tentang Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya membaca Al-Qur’an dan memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur’an. Namun pada realitanya di sekolah SMP Negeri 4 Lebong banyak dijumpai siswa yang kurang mampu bahkan ada yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lebong. Jenis penelitian kualitatif Deskriptif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMPN 4 Lebong ada dua, yaitu siswa yang lancar membaca Al-Qur’an sesuai dengan mahraj dan tajwid berjumlah 7 orang dan siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an sesuai dengan mahraj dan tajwid berjumlah 18 orang. Kedua upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui kegiatan belajar mengajar, bimbingan kelompok, kegiatan ektrakulikuler baca tulis al-qur’an, dan penambahan sarana dan prasarana. Ketiga Faktor pendukung adanya sarana dan prasarana yang memadai dan guru PAI yang berlatar belakang pendidikan islam, sedangkan faktor penghambat yaitu siswa yang malas, kurang semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an, keterbatasan waktu dan komunikasi dengan orang tua belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Cintami, YurikeUNSPECIFIED
sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Nurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:48
Last Modified: 21 Feb 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item