Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Konsep Pendidikan Dasar Berbasis Madrasah

Safitri, Eni Nur and Amda, Ahmad Dibul and Syaripah, Syaripah (2020) Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Konsep Pendidikan Dasar Berbasis Madrasah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ENI NUR SAFITRI.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Permasalahan utama yang dibahas di sini adalah mengenai pemikiran yang digagas oleh KH. Ahmad Dahlan mengenai pendidikan dasar yang mengadopsi pendidikan umum namun dibaur dengan pendidikan agama dan sekolah yang didirikan oleh beliau merupakan sekolah madrasah yang menjadi cikal bakal berdirinya sekolah-sekolah dengan sistem kurikulum madrasah yang menyatukan pendidikan umum dengan pendidikan agama. Menurut KH. Ahmad Dahlan pendidikan yang berkemajuan merupakan cita-cita dalam pelaksanaan pendidikan yang ingin beliau capai di kemudian hari. Penggunaan sistem pendidikan pada umumnya yang ditambah dengan mata pelajaran agama memberikan keseimbangan pada pembelajaran. Pembelajaran Indonesia yang dipengaruhi oleh pendidikan sekolah yang belanda dirikan, serta isu kristenisasi bangsa Indonesia yang turut mempengaruhi para intelektual muslim termasuk KH. Ahmad Dahlan memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dan memurnikan ajaran Islam melalui jalur pendidikan sekolah yang beliau mulai dari ruang tamu, hingga berdirinya Madasah Ibtidaiyah Dinniyah Islamiyah yang kin telah berubah menjadi Madrasah Mu’allimin-Mu’allimat Muhammadiyah, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif kepustakaan (library research), penelitian kepustakaan mengandalkan dari data kepustakaan. Analisis data primer yang digunakan berupa buku matahari pembaharu rekam jejak KH. Ahmad Dahlan dan dari data sekunder menggunakan buku-buku dari suara muhammadiyah yang membahas tentang pendidikan dan pengajaran serta dari jurnal-jurnal yang membahas tentang pendidikan dasar atau pendidikan secara menyeluruh (contecy analisis). Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menelaah dan menganalisis data yang didapatkan dari berbagai sumber. Data diambil dari literatur-literatur yang bersifat tertulis seperti buku, jurnal, biografi, skripsi dan dokumen-dokumen yang berbentuk karya tulis ilmiah dan lainnya. Hasil penelitian mengenai pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang pendidikan dasar berbasis madrasah, menurut KH. Ahmad Dahlan pendidikan hendaknya didasarkan pada landasan yang kokoh yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Serta cita-cita pedidikan yang berkemajuan yang dimulai dari perubahan sistem pendidikan dasar yang sejak zaman penjajahan menggunakan sitem pendidikan belanda dengan KH. Ahmad Dahlan dimasukkan mata pelajaran agama dalam pembelajarannya. Dengan mengadopsi sistem pembelajaran yang saat itu berlaku dan ditambah dengan penambahan pembelajaran agama menjadikan awal mula pendidikan dasar dengan basis madrasah dijalankan dan relevansinya dengan pendidikan modern adalah terciptanya sekolah-sekolah dasar yang menggunakan kurikulum madrasah bahkan menjadi sekolah yang diunggulkan dilebih dari satu abad setelah pemikiran KH. Ahmad Dahlan tersebut mulai dijalankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri, Eni NurUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KH. Ahmad Dahlan, Pendidikan Dasar Madrasah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:48
Last Modified: 21 Feb 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item