Upaya Gerakan Literasi Sekolah melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV MIN 01 Rejang Lebong

Cahyorini, Endah and Ifnaldi, Ifnaldi and Khair, Ummul (2020) Upaya Gerakan Literasi Sekolah melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV MIN 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
UPAYA GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MIN 01 REJANG LE~1.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Latar belakang ini adalah Gerakan Literasi Sekolah melalui pojok baca merupakan program yang harus dilakukan dan diterapkan oleh sekolah program tersebut merupakan program baru pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca siswa. Melalui pojok baca guru dapat memberikan strategi dan variasi dalam pelaksanaan kegiatan dengan tujuan agar siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan kegiatan tidak monoton. Keterampilan yang diperoleh tidak hanya membaca, tapi menulis dan mendengarkan permasalahan pada penelitian ini adalah minat membaca yang kurang dan keterampilan yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menumbuh kembangkan keterampilan membaca siswa kelas IV MIN 01 Rejang Lebong (2) Untuk mengetahui apakah Gerakan literasi dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV MIN 01 Rejang Lebong. Gerakan Literasi Sekolah melalui pojok baca merupakan suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa, kegiatan dilakukan selama 15 menit dengan strategi dan variasi kegiatan yang berbeda-beda sebelum pembelajaran dimulai. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN 01 Rejang Lebong. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikurum, guru wali kelas dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian yang dihasilkan ini melalui data penilaian guru wali kelas IV menunjukkan bahwa siswa memiliki keterampilan membaca dalam hati sebanyak 82% dan membaca nyaring dengan baik sebanyak 89% berdasarkan dengan ketentuan yang telah diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Cahyorini, EndahUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Pojok Baca, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:48
Last Modified: 21 Feb 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item