Hubungan Interpersonal Skills Guru dengan Kemampuan Belajar Anak Inklusi di Kelas Reguler SD Muhammadiyah 1 Curup

Septina P., Emalia and Warlizasusi, Jumira and Putra, Muksal Mina (2020) Hubungan Interpersonal Skills Guru dengan Kemampuan Belajar Anak Inklusi di Kelas Reguler SD Muhammadiyah 1 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
HUBUNGAN INTERPERSONAL SKILLS GURU DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK INKLUSI DI KELAS REGULER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dilatar belakang oleh tugas dan tanggung jawab seorang guru terhadap siswa inklusi yang berada pada satu kelas bersama siswa normal. Interpersonal skill guru sangat berperan penting untuk menjalankan tugas sebagai seorang guru. Interpersonal skill bisa terdiri dari beberapa indikator yaitu Social Sensitivity, Social Insight, Social Communication. Serta melihat hubungan dari interpersonal skill guru terhadap kemampuan belajar anak inklusi, sebagaimana hasil observasi awal yang sudah penulis laksanakan, penulis menemukan beberapa masalah diantaranya, kemampuan belajar siswa inklusi yang masih minim meskipun indikator ketercapaiannya telah diperkecil, terkadang perilaku guru yang masih kurang memperhatikan anak inklusi didalam kelas, serta keterbatasan fasilitas pembelajaran untuk menunjang kemampuan belajar anak inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah 1 Curup yang berjumlah empat puluh orang siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa inklusi yang berjumlah lima belas siswa inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut : Hasil penelitian untuk interpersonal skill guru melalui penyebaran angket instrumen pengelolaan kelas menunjukkan t_hitung = 27,33 sedangkan harga t_tabel untuk uji satu pihak = 0,532 karena t_hitung > t_tabel (27,33 > 0,532) maka interpersonal skill guru terkategori baik , begitu juga dengan kemampuan belajar anak siswa menunjukkan t_hitung = 46,66 sedangkan harga t_tabel untuk uji satu pihak = 0,532 karena t_hitung > t_tabel (46,66 > 0,532) maka kemampuan belajar anak inklusi terkategori baik Dan begitu juga dengan penilaian data yang diperoleh setelah diolah melalui angket diketahui ternyata perolehan rxy 0,579 yang apabila di interpretasikan dengan angka indeks korelasi “r” product moment besarnya berkisar 0,40-0,70 yang membuktikan bahwa terdapatnya hubungan yang sedang atau cukup antara interpersonal skill guru dengan kemampuan belajar anak inklusi. Maka artinya guru yang menggunakan interpersonal skill nya pada saat mengajar akan meningkatkan kemampuan belajar anak inklusi khususnya pada aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Septina P., EmaliaUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Putra, Muksal MinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Skill Guru, Kemampuan Belajar Anak Inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:48
Last Modified: 21 Feb 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item