Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan lingkungannya siswa kelas V SD Negeri 135 Curup Kabupaten Rejang Lebong

Hadrianti, Febi and Murniyanto, Murniyanto and Sahib, Abdul (2018) Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan lingkungannya siswa kelas V SD Negeri 135 Curup Kabupaten Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP D.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah, guru hanya menggunakan metode ceramah dan metode penugasan, siswa belum berani untuk bertanya kepada guru, dan siswa belum berani mengemukakan pendapat masalah yang diberi oleh guru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 135 Curup Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data tes dianalisi menggunakan nilai rata-rata dan persentase belajar, sedangkan data observasi dianalisis menggunakan nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Untuk aktivitas guru siklus I dengan skor rata-rata 40.5 dalam kriteria cukup, pada siklus II dengan skor rata-rata 45.5 dalam kriteria baik, pada siklus III menjadi meningkat yaitu skor rata-rata 50 dalam kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus I dengan skor rata-rata 40 dalam kriteria cukup, pada siklus II skor rata-rata 45 dalam kriteria baik, dan pada siklus III skor rata-rata meningkat menjadi 49 dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi siklus I dengan nilai rata-rata 66.4 dengan ketuntasan belajar 30%, pada siklus II nilai rata-rata 70.2 dengan ketuntasan belajar 50%, dan pada siklus III meningkat menjadi nilai ratarata 75 dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 135 Curup Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Hadrianti, FebiUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:14
Last Modified: 03 Nov 2022 01:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item