Diosi, Reni and Ratnawati, Ratnawati and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa SDN 97 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN 97 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter peduli lingkungan. Karakter peduli lingkungan merupakan sebuah usaha untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan. Karakter peduli lingkungan sangat dibutuhkan oleh setiap orang karena dengan menjaga lingkungan dan peduli akan lingkungan akan menyebabkan lingkungan menjadi terasa nyaman, terhindar dari penyakit dan mencegah kerusakan lingkungan. Melihat pentingnya karakter peduli lingkungan ini sangat perlu di tanamkan sejak dini kepada siswa dimulai dari sekolah dasar. Guru memegang peran yang sangat penting dalam membentuk karakter di sekolah karena proses interaksi siswa di sekolah banyak terjadi dengan guru, guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru oleh peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam bagaimana peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa, faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian yang meliputi, Guru kelas V, Guru Kelas IV, Guru Kelas III di SDN 97 Rejang Lebong. Penggunaan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa dilaksanakan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, pengintegrasian dalam mata pelajaran. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter peduli peduli lingkungan. Faktor pendukung yaitu, kegiatan rutin, peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang kurang antusias dalam berkontribusi dalam kegiatan kebersihan, kurangnya fasilitas yang memadai, kurangnya kerja sama orang tua dengan guru di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter Peduli Lingkungan | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:48 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:48 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1607 |
Actions (login required)
View Item |