Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru terhadap Pengelolaan Kelas di SDN 51 Rejang Lebong

Sari, Puspita and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru terhadap Pengelolaan Kelas di SDN 51 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DI SDN 51 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakang oleh Kecerdasan emosional guru yang memiliki pengertian kemampuan seseorang mengelola perasaan dan emosi, baik pada diri sendiri dan untuk orang lain, kemampuan dalam memotivasi diri sendiri dan memiliki rasa empati dengan memberikan informasi yang diperoleh dari guru untuk memahami, mengenali, meningkatkan, mengelola, dan motivasi diri sendiri dan peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Di SD Negeri 51 Rejang Lebong masih dijumpai pengelolaan kelas yang kurang maksimal hal ini ditunjukkan Masih ada beberapa guru yang terkadang kurang bisa mengontrol emosinya, sehingga peserta didik menjadi takut dan tidak nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, pembawaan yang baik dalam mengajar dan hubungan sosial emosional yang di ciptakan guru dapat mempengaruhi keberhasilan dalam mengelola kelas. Apabila pengelolaan kelas yang di lakukan secara optimal maka hasil belajar siswa tentu akan maksimal. Berdasarkan alasan tersebut maka tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengelolaan kelas di SD Negeri 51 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah guru SDN 51 Rejang Lebong yang berjumlah 15 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 15 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik regresi sederhana. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut: tingkat kecerdasan emosional guru sudah berada pada taraf yang baik yaitu dengan perolehan uji t-test sebesar 0,913 begitu juga dengan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada taraf yang baik dengan perolehan 0,945 dan data yang diperoleh setelah diolah ternyata membuktikan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan Berdasarkan uji regresi linier sederhana kecerdasan emosional guru terhadap pengelolaan kelas di SD 51 Rejang Lebong diperoleh nilai koefisien Regresi R= 0.521 serta nilai F = 27,590 dengan sig= 0.000. Sehingga dari data tersebut maka hipotesis diterima. Penelitian ini mendapat sumbangan efektif R2 = 0.672 yang menunjukkan adanya 67.2% variabel kecerdasan emosional guru di SDN 51 Rejang Lebong dipengaruhi oleh pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, PuspitaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kecerdasan Emosional Guru dan Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:48
Last Modified: 21 Feb 2023 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item