Pengaruh Implementasi Strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Lebong

Susanti, Ria and Warlizasusi, Jumira and Putra, Muksal Mina (2020) Pengaruh Implementasi Strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP AKTIVITAS.pdf - Accepted Version

Download (363MB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh strategi practice rehearsal pairs yang berhubungan dengan aktivitas belajar siswa kelas V. dalam penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan : Bagaimana implementasi strategi practice rehearsal pairs? (X)? bagaimana motivasi belajar di SDN 32 Lebong (Y) ? Apakah strategi Practice Rehearsal Pairs berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa Kelas V SDN 32 Lebong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi practice rehearsal pairs di SDN 32 Lebong, untuk mengetahui aktivitas belajar di SDN 32 Lebong dan untuk membuktikan strategi practice rehearsal pairs berpengaruh positif dan signifikan terhadap Aktivitas belajar siswa Kelas V di SDN 32 Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftip kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah : pertama, dengan melihat rata-rata jawaban dengan parameter data olahan lapangan maka X ̅=3,8 berada pada nilai (3,4-4,1) itu berarti implementasi strategi practice rehearsal pairs baik, jadi dapat disimpulkan implementasi strategi practice rehearsal pairs baik. Kedua, dengan melihat rata-rata jawaban dengan parameter data olahan lapangan maka nilai X ̅=3,07 berada pada nilai (3,4-4,1) itu berarti aktivitas belajar siswa kelas V di SDN 32 Lebong baik. Ketiga, dari hasil perhitungan setelah menggunakan rumus product moment, diperoleh rhitung =0,77 yang lebih besar dari rtabel taraf 5% =0,413. Sehingga hasil menunjukkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara practice rehearsal pairs baik dan aktivitas belajar siswa kelas V di SDN 32 Lebong sehingga hipotesis dengan penelitian dapat diterima. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian tersebut bahwa dengan menggunakan strategi practice rehearsal pairs terdapat pengaruh yang besar terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai rhitung = 0,77 terletak pada tabel interprestasi antara 0,70-0,90 dijelaskan bahwa “antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat dan tinggi”. Artinya semakin tinggi implementasi strategi practice rehearsal pairs maka semakin tinggi aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, RiaUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Putra, Muksal MinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Practice Rehearsal Pairs, Dan Aktivitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item