Internalisasi Nilai- Nilai Karakter Religius melalui Pembelajaran BPI (Bina Pribadi Islam) di SDIT Khoiru Ummah

Astuti, Puji and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2020) Internalisasi Nilai- Nilai Karakter Religius melalui Pembelajaran BPI (Bina Pribadi Islam) di SDIT Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
INTERNALISASI NILAI- NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN BPI (BINA PRIBADI ISLAM) DI SDIT KHOIRU UMMAH.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang diusahakan dengan sengaja direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Fenomena merosotnya nilai- nilai moral dalam kehidupan para anak-anak maupun remaja yang disebabkan oleh lingkungan masyarakat yang rusak akhlaknya ini menjadi suatu masalah yang sangat penting untuk diatasi. Pendidikan karakter seakan menjadi kebutuhan mendesak yang diharapkan mampu membangkitkan kesadaran bangsa ini untuk membangun kebangsaan yang kokoh. Kemudian, seperti yang kita ketahui, bahwa dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, proses internalisasi karakter tidak cukup untuk dibahas di dalam kelas, dikarenakan cakupannya yang sangat luas sehingga diperlukan waktu tambahan untuk mendalaminya. Banyaknya jumlah siswa dalam kelas terkadang membuat pendidik sulit untuk mentrasfer juga tidak kondusif. Maka dari itu, program BPI ini muncul untuk memberikan inisiatif dalam menunjang pendalaman nilai- nilai Islam bagi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai- nilai karakter religius melalui pembelajaran BPI serta mengetahui apa saja faktor penghambat dalam proses internalisasi nilai- nilai karakter religius melalui pembelajaran BPI tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang subjek penelitiannya adalah guru (BPI) dan siswa/i kelas V SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung ke lapangan. Adapun teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1.Pembelajaran BPI dilakukan setiap seminggu sekali dengan kelompok yang telah dibagikan berdasarkan jumlah guru/ pembimbing yang ada, jumlah kelompoknya yaitu 3 kelompok. Materi yang dibahas dalam pembelajaran BPI ialah materi- materi yang ada pada mata pelajaran PAI, 2. Faktor yang menjadi kendala/ hambatan adalah kebiasaan anak di rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka, 3. Upaya guru dalam mengatasi kendala- kendala yaitu dengan tetap menjalin komunikasi antara orang tua siswa dengan wali siswa di sekolah melalui WhatsApp perihal ibadah anak selama di rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti, PujiUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius, Pembelajaran BPI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item