Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah

Susyanti, Reni and Azwar, Beni and Putri, Dini Palupi (2020) Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASARMADRASAH.pdf - Accepted Version

Download (693kB)

Abstract

Siswa berbeda-beda dalam bakat atau pembawaannya, terutama karena pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Hakikat pembelajran PKn yang bertujuan membentuk siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Mata pelajaran PKn diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap sosial siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Siswa memiliki keberagaman individu yang besar, sehingga mendorong peneliti lebih lanjut. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran PKn di SD/MI yang dilakukan guru untuk membentuk sikap sosial melalui pembelajaran PKn di SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (pustaka). Subjek penelitan ini adalah buku, internet, Artikel, E-Jurnal, Google. Objek dalam penelitan ini adalah sikap sosial dan pembelajaran PKn. Mengumpulkan data dengan membaca buku dan lainnya. Selanjutnya, temuan data hasil penelitian dianalisis melakukan serangkaian analisis Library Research. Seperti melakukan metode analisis data, metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembentukan sikap sosial melalui pembelajaran PKn di SD/MI dapat di bentuk dengan pembelajaran PKn yang digunakan guru, kemampuan guru dalam berfikir kritis, membina sikap dan moral, mendidik anak memiliki budi pekerti, cinta tanah air dan bela Negara, pengajaran yang tepat, pembiasaan, memberi contoh yang baik terhadap siswa, guru menerapkan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dan ketika memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial di awal pembelajaran. Hasil pembentukan sikap sosial melalui pembelajaran PKn di SD/MI, Sikap sosial siswa yang tampak kejujuran, sopan santun, toleransi, disiplin, tolong menolong. Sedangkan yang kurang tampak adalah sub, indikator dari kejujuran 1) tidak berbuat curang pada saat mengerjakan tugas, Sub. Indikator dari disiplin 2) melaksanakan kewajiban sebagai siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susyanti, ReniUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item