Dampak Game Online terhadap Moralitas Anak di SDN 11 Rejang Lebong

Maharani, Elisa and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Dampak Game Online terhadap Moralitas Anak di SDN 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MORALITAS ANAK DI SDN 11 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Game online merupakan hiburan yang sangat diminati oleh generasi millenial pada saat ini, baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Game online hanya bisa dimainkan apabila kita menghubungkan komputer atau handphone dengan jaringan internet. Pemain game online memiliki emosi yang labil, mereka cepat mengalami perubahan tingkah laku dan perubahan mood secara drastis seperti mudah marah, berkata kasar atau kotor dan lebih agresif. Adapun masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana dampak game online terhadap moralitas anak di SDN 11 Rejang Lebong? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online terhadap moralitas anak di SDN 11 Rejang Lebong. Pada penelitian ini menggunakan metode etnografi, etnografi memfokuskan diri pada budaya dari sekelompok orang. Peneliti etnografi dituntut untuk memperoleh perspektif emic tentang budaya yang sedang ditelitinya dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode ini dipilih agar data mengenai dampak game online terhadap moralitas anak di SDN 11 Rejang Lebong bisa diperoleh secara mendalam dan keseluruhan (maksimal). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor anak bermain game yaitu melihat internet, melihat teman yang bermain, rasa ingin tahu yang tinggi, rasa bosan, kurang perhatian dari orang tua dan adanya fasilitas yang memadai untuk anak bermain game. 2) Jenis game yang dimainkan game peperang dan game strategi. 3) Lama waktu bermain anak paling sedikit 1-2 jam sehari, maksimal 12-24 jam. 4) Besar biaya yang dikeluarkan anak untuk bermain game di warnet Rp 3.000,00 - Rp 15.000,00. Biaya membeli kuota internet Rp 10.000,00 – Rp 22.000,00. Biaya untuk membeli item game Rp 3.000,00 - Rp 70.000,00. 5) Dampak game online terhadap moralitas anak di SDN 11 Rejang Lebong yaitu, dampak positif, menumbuhkan dan melatih jiwa kerja sama pada anak serta meningkatkan nilai-nilai sosial anak seperti kontrol diri, menghargai dan menghormati orang lain. Dampak negatif, anak tidak berani jujur, mengurangi tingkat disiplin anak, tingkah laku anak menjadi kurang sopan, anak sering berbohong, anak melakukan tindak kriminal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maharani, ElisaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak, Game Online, Moralitas Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item