Pengaruh Emotional Intelligence (EI) Siswa terhadap Proses Belajar dan Mengajar (PBM) Kelas V SDN 31 Rejang Lebong

Sari, Reni novita and Harmi, Hendra and Arbaini, Wiwin (2020) Pengaruh Emotional Intelligence (EI) Siswa terhadap Proses Belajar dan Mengajar (PBM) Kelas V SDN 31 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE (EI) SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR (PBM) KELAS V SDN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Anak yang memiliki kecerdasan emosi baik, akan mampu menggunakan otaknya dan kecerdasan pikiran (IQ) secara optimal. Sebaliknya, orang yang kecerdasan emosinya buruk tidak mampu menggunakan otak dan IQ dengan optimal. Suksesnya seseorang bergantung pada kemampuannya dalam membina hubungan dengan orang lain. Pusat kepemimpinan kreatif menemukan bahwa “eksekutif yang keluar dari jalur” (bintang yang meredup) gagal karena masalah kecerdasan emosi (hubungan kerja yang buruk, terlalu otoriter, terlalu ambisius, konflik dengan manajemen puncak), bukan karena kurang mampu. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui Emotional Intelligence (EI) siswa di kelas V SDN 31 Rejang Lebong, Proses Belajar dan Mengajar (PBM) kelas V SDN 31 Rejang Lebong, Pengaruh Emotional Intelligence (EI) siswa terhadap Proses Belajar dan Mengajar (PBM) kelas V SDN 31 Rejang Lebong. Metodologi yang dipakai adalah dengan menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari dua variable yaitu Emotional Intelligence (EI) siswa dan Proses Belajar dan Mengajar (PBM), Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 31 Rejang Lebong yang berjumlah 15 orang, dengan sampel 15 siswa yang terdiri dari kelas V SDN 31 Rejang Lebong. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara 1). Angket, 2). Observasi, 3). Wawancara. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Setelah menyebarkan angket Maka hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus kofisien korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan korelasi antara Emotional Intelligence (EI) siswa dan Proses Belajar dan Mengajar (PBM) kelas V SDN 31 Rejang Lebong menghasilkan angka sebesar 0,71. Dengan DF sebesar 13 maka signifikan dari r product moment 0,514 pada taraf signifikan 5% ternyata rxy sebesar 0,71 lebih besar dari 0,514 maka didapat r hitung lebih besar dari r tabel maka disimpulkan Hipotesis Alternative (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak, sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Emotional Intelligence (EI) siswa terhadap Proses Belajar dan Mengajar (PBM) kelas V SDN 31 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Reni novitaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence (EI), Proses Belajar dan Mengajar (PBM)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item