Kencana, Lezzia Indah and Susilawati, Susilawati and Siswanto, Siswanto (2021) Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Lezzia Indah Kencana.pdf Download (932kB) |
Abstract
Diantara sekian banyak pemikir dan pemerhati pendidikan Islam, nama Wahid Hasyim masih menjadi langka dan kurang mendapat perhatian tentang ideidenya berkenaan dengan problem pendidikan Islam kekinian. Selain pemikiran dan perjuangannya yang berkenaan dengan Negara, sosok Wahid Hasyim juga banyak memikirkan strategi dan kemajuan pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan masyarakat akan kebutuhan terhadap dunia pendidikan. Pendidikan Islam senantiasa menjadi sebuah kajian yang menarik bukan hanya karena memiliki kekhasan tersendiri, namun juga karena kaya akan konsep-konsep yang tidak kalah bermutu dibandingkan dengan pendidikan modern. Banyak para tokoh melakukan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya ialah pemikiran Wahid Hasyim dalam memajukan pendidikan Islam. Mulai dari cara mendidik anak didik, inovasi dalam pendidikan. Penulis merumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Konsep Pendidikan Menurut Pemikiran K.H. Abdul Wahid Hasyim. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, misalnya berupa buku-buku, makalah-makalah, catatan-catatan, jurnal dan lain-lain. Artinya permasalahan dan pengumpulan data berasal dari kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep pendidikan K.H. Abdul Wahid Hasyim yaitu, 1) Keagamaan, 2) Pengembangan potensi anak didik, 3) Sosial, dan 4) Semangat kebangsaan. Itulah 4 pilar konsep pendidikan Islam yang disumbangkan oleh K.H. Abdul Wahid Hasyim dalam sistem pendidikan Islam. Pendidikan Islam menurut K.H. Abdul Wahid Hasyim logika atau akal dan pentingnya ilmu pengetahuan. Wahid Hasyim memaparkan bahwa dasar Islam adalah logika dan hukum alam. Adapun metode pendidikan yang dianut oleh K.H Abdul Wahid Hasyim yaitu menanamkan kepercayaan diri kepada muridnya yaitu adanya tanggung jawab murid dan tanggung jawab guru. Tujuan pendidikan beliau yaitu untuk menggiatkan anak didik yang berakhlakul karimah, bertaqwa kepada Allah dan memiliki keterampilan untuk hidup. Kata Kunci : Pendidikan Islam, K.H. Abdul Wahid Hasyim
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1589 |
Actions (login required)
View Item |