Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas IIIA SDN 07 Rejang Lebong)

Yunita, Eka and Asha, Lukman and Bahri, Syaiful (2020) Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas IIIA SDN 07 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS IIIA SDN 07 REJANG LEBONG).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mencapai tujuan dari pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan berbagai cara agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Pembelajaran dapat berjalan secara baik apabila seseorang guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Menurut Dahlan “model yang dipilih haruslah yang relevan dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran”. Selain menerapkan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Kemampuan belajar peserta didik juga sangat menentukan keberhasilannya dalam proses belajar. Belajar merujuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subyek dalam belajar. Sedangkan mengajar merujuk pada apa yang seharusnya dilakukan seseorang guru sebagai pengajar. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi, dengan pendekatan kuantitatif karena pengumpulan data menggunakan instrument penelitian analisis data bersifat statistik dan penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa (studi kasus kelas IIIA SDN 07 Rejang Lebong). Dalam mengumpulkan data penulis melakukan metode observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IIIA dan kelas IIIB SDN 07 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa di kelas IIIA. Dengan rata-rata nilai yaitu 77, 5, yang apabila dilihat dari tabel distribusi skor di kelas IIIA kategori sangat baik dan baik menempati urutan paling tinggi, yaitu 48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar di kelas IIIA sangat baik. Sedangkan Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas IIIA SDN 07 Rejang Lebong) dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,53192305, sedangkan rt 0,413 dan 0,526. Maka, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IIIA SDN 07 Rejang Lebong Sedang atau Cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yunita, EkaUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item