Implementasi Pembelajaran Tematik pada Tema "Lingkungan Sahabat Kita’’ Subtema 1 melalui Strategi Outdoor Learning Kelas V SD 17 Rejang Lebong

Marlina, Dwi and Susilawati, Susilawati and Bahri, Syaiful (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik pada Tema "Lingkungan Sahabat Kita’’ Subtema 1 melalui Strategi Outdoor Learning Kelas V SD 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EKA marlina 16591016 PGMI.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Pada pembelajaran tematik ini jika kita seorang guru tidak pandai dalam memilih strategi dalam proses pembelajaran maka seorang guru akan sedikit kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik, hampir sebagian guru-guru hanya menggunakan metode cerama dalam pembelajaran dan berkemungkinan anak didik akan merasa jenuh dalam proses pembelajaran tematik. Dan Outdoor Learning lebih melibatkan siswa secara langsung dengan lingkungan sekitar mereka, sesuai dengan materi yang diajarkan. Sehingga, pendidikan di luar kelas lebih mengacu pada pengalaman dan pendidikan lingkungan yang sangat berpengaruh pada kecerdasan para siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi pembelajaran tematik pada tema “ lingkungan sahabat kita subtema 1 melalui strategi Outdoor Learning kelas V SD 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini Kualitatif deskriptif, Penelitian ini dilakukan di SD 17 Rejang Lebong dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan peneliti yang diperoleh ialah : (1) Pelaksanaan implementasi pembelajaran tematik pada tema “ lingkungan sahabat kita” subtema 1 melalui strategi Outdoor Learning kelas V meliputi :a. Pengarahan di dalam kelas, Seperti menyampaikan tujuan, mempersiapkan hal-hal yang akan di lakukan. b. Pelaksanaan di luar kelas, seperti observasi, wawancara, diskusi. c. Refleksi di dalam kelas, seperti membahas hasil dikusi. (2) Evaluasi implementasi pembelajaran tematik pada tema “ lingkungan sahabat kita” subtema 1 melalui strategi Outdoor Learning kelas V terdiri dari : a. Tes perbuatan, b. Tes karakter (tindakan), c. Tes lisan. (3) Faktor pendukung dan Faktor penghambat implementasi pembelajaran tematik pada tema “lingkungan sahabat kita” subtema 1 melalui strategi Outdoor Learning kelas V meliputi: a. Faktor internal, buku dan lingkungan, b. Faktor eksternal, media dan waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marlina, DwiUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Strategi Outdoor Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item