Diagnosis Kesulitan Siswa Dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur’an ( Studi Pada Mata Pelajaran Pai di Sd Negeri 10 Rejang Lebong)

Sari, Lesmita and Sari, Dewi Purnama and Nafrial, Nafrial (2022) Diagnosis Kesulitan Siswa Dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur’an ( Studi Pada Mata Pelajaran Pai di Sd Negeri 10 Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
lesmita sari2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan siswa membaca dan menghafal Al-Qur’an yang sering kali dialami oleh para peserta didik di sekolah yaitu masalah yang begitu penting dan sangat perlu mendapat perhatian yang serius dari kalangan pendidik, terutama dari segi makhorijul huruf, tajwid, serta dalam membedakan bacaan huruf-huruf tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesulitan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an di SD Negeri 10 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan case study. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data, dan trianggulasi data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan di SD Negeri 10 Rejang Lebong : 1) Jenis kesulitan siswa dalam membaca dan menghafal al-qur’an di SD Negeri 10 Rejang Lebong, adapun jenis kesulitan dam membaca dan menghafal Al-Qur'an yaitu kesulitan dalam membedakan dan pengucapan huruf hijaiyah tertentu, kesulitan dalam membaca sesuai dengan tajwid pada ayat Al-Qur’an, sedangkan jenis kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an yaitu kesulitan dalam melafazkan ayat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang benar, lupa dengan ayat al-qur’an yang telah di hafal, 2) Faktor penyebab siswa kesulitan dalam membaca dan menghafal al-qur’an, adapun faktor penyebabnya yaitu kurangnya motivasi untuk belajar membaca dan menghafal al-qur’an dari siswa itu sendiri, kurangnya perhatian dan dorongan dari kedua orang tua, dan tidak mengulangi ayat-ayat al-qur’an yang sudah dihafalkan karena mereka kuran fokus dalam menghafal, 3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an adapun upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca dan me ghfal Al-Qur’an yaitu dengan cara memotivasi siswa-siswa tersebut dan memberi mendorong agar mereka ada kemauan atau keinginan untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an dan juga menggunakan metode-metode yang tepat dan mudah untuk siswa tersebut pahami seperti menggunakan metode murojaah yaitu dengan mengulang kembali hafalanhafalan yang telah dihafalkan dan membuat jadwal mengaji di rumah Kata Kunci : Jenis Kesulitan Siswa, Faktor Penyebab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, LesmitaUNSPECIFIED
Sari, Dewi PurnamaUNSPECIFIED
Nafrial, NafrialUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item