Saputra, Lio Edi and Amda, Ahmad Dibul and Wanto, Deri (2022) Implementasi Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Pembelajaran di Smk It Al Husna Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
leoedi saputra (2).pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada dekade akhir tahun 1980-an, Sekolah Islam dengan label terpadu (IT) mulai bermunculan di Indonesia termasuk mendirikan lembaga pendidikan formal seperti SMK IT dengan menerapkan kurikulum integrasi yakni integrasi kurikulum pesantren dalam Kurikulum 2013. Hal itu bertujuan untuk menyiapkan siswanya selain ahli dalam bidang agama juga unggul dalam pengetahuan umum. Di SMK IT Al-Husna Lebong dalam hal penerapan model integrasi kurikulum pendidikan agama Islam mengalami kesulitan seperti, kesulitan dalam pengintegrasian kedalam tema-tema mata pelajaran, kekurangan SDM, fasilitas dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Mengintegrasikan kurikulum pada pembelajaran PAI di SMK IT Al-Husna Lebong, model integrasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong, faktor pendukung dan faktor penghambat integrasi kurikulum PAI di SMK IT Al-Husna Lebong. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode observasi yakni metode pengumpulan data denganpengamatan secara sistematis terhadap obyek yang diteliti baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian metode interview atau wawancara adalah proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan dimana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan informasi atau keterangan-keterangan. Selanjutnya metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk meneliti dokumen-dokumen yang ada di sekolah seperti struktur organisasi, kurikulum, sejarah historislembaga sekolah ini dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong adalah sebagai berikut: Model Pengintegrasian Kedalam Tema-tema Mata Pelajaran, Model Webbed (pembelajaran laba-laba), Model pembelajaran Ukhrawi. Factor pendukung dalam menerapkan model integrasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong (Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis Islam Terpadu, sarana prasarana yang memadai seperti ruang belajar, aula, dan laboratorium, adanya pengelompokan belajar membaca Al-Qur’an seperti kelompok belajar Iqro’, belajar baca ayat Al-Qur’an, belajar membaca dengan tajwid, dan tahfiz Qur’an). Factor penghambat dalam menerapkan model integrasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMK IT Al-Husna Lebong (Metode yang diterapkan dalam proses pendidikan dan pembelajaran agama Islam masih belum seluruhnya mengintegrasikan seluruh mata pelajaran tidak semua pelajaran agama bisa diintegrasikan. Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan pendidikan terpadu dan terintegrasi. Secara) Kata Kunci: Implementasi Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1582 |
Actions (login required)
View Item |