Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih dalam Kurikulum 2013 (Studi pada Kelas Xi Di MAN 2 Lebong)

Monika, Dian and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini, Wiwin (2019) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih dalam Kurikulum 2013 (Studi pada Kelas Xi Di MAN 2 Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi diana monika.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas masalah Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dalam Kurikulum 2013 di MAN 2 Lebong kelas XI. Dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya Fiqih perlu adanya sinegritas antara pendidik, peserta didik, kurikulum, proses, dan evaluasi tentunya harus menjadi perhatian di sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian yang sistematis dan berkesinambungan dalam proses pembelajaran Fiqih di sekolah. Berdasarkan wawancara dengan guru fiqih bahwasannya mereka kesulitan dalam menerapkan proses pembelajaran pada kurikulum 2013, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih tersebut, dari aspek perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses penilaian dalam pembelajaran Fiqih di kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fiqih, wk kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dalam Kurikulum 2013 di MAN 2 Lebong menunjukan bahwa: Pertama, sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru sudah membuat RPP serta silabus sesuai dengan komponen-komponen perencanaan pembelajaran fiqih dalam kurikulum 2013, seperti kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media/alat, sumber belajar dan penilaian, yang bertujuan untuk mempermudahkan pelaksanaan pembelajaran secara sistematis bagi guru. Kedua, dalam proses pembelajaran Fiqih di MAN 2 Lebong ini belum sepenuhnya dilaksanakan. Karena tidak sejalannya proses pembelajara di kelas dengan perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru, seperti metode pembelajaran dan media pembelajaran. Hal ini disebabkan dengan kurangnya media yang tersedia dan ketidak tahuan guru dengan metode tersebut. Ketiga, penilaian berdasarkan aspek pengetahuan berupa tes lisan atau tes tertulis, ulangan harian, tugas, ulangan MID semester, ulangan semester berdasarkan kisi-kisi soal yang telah dibuat. Kemudian aspek spriritual yaitu berkenaan dengan sopan santun, kebiasaan peserta didik dalam menjalankan sholat berjama’ah di masjid sekolah dan lain sebagainya. Untuk aspek psikomotorik berupa hapalan ayat, do’a, dzikir dan materi-materi lain yang telah diajarkan. Penilaian dari aspek sosial dengan melihat pergaulan siswa di dalam kelas ataupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Monika, DianUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran , Pelajaran fiqih, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:46
Last Modified: 21 Feb 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item