Implementasi kebijakan gerakan literasi Sekolah di sekolah dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Fakar, Siti Partimah and Asha, Lukman and Khair, Ummul (2018) Implementasi kebijakan gerakan literasi Sekolah di sekolah dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERAS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR UNGGULAN AISYIYAH TAMAN HARAPAN .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup, penelitian ini dengan teori implementasi Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, komitmen, dan struktur birokrasi serta akan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan gerakan literasi sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup mulai dari bulan April 2018-Juli 2018. Subjek penelitian ialah wakil Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dan wali kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ialah sebagai berikut: (1) implementasi kebijakan ini didukung oleh a). Komunikasi agen-agen pelaksana melalui rapat elemen sekolah seperti manajemen, orangtua, dan guru; b). Sumber daya yang mendukung kegiatan ini seperti adanya potensi guru, dana dari orangtua, sekolah, dan pemerintah serta sponsor; c). Komitmen dari para agen pelaksana; d). Struktur birokrasi baik dari pihak sekolah; (2). Faktor pendukung berupa tersedianya sarana untuk mensosialisasikan kebijakan, hibah buku dari orangtua, waktu dan dana, guru-guru mempunyai semangat belajar, Sedangkan faktor penghambat nya guru masih harus diingatkan terkait Standart Operational Procedure kebijakan dan program yang harus dilakukan, Kesibukkan masing-masing umi dan ustad yang biasanya menjadikan proses literasi di perpustakaan dan pembuatan mading yang mendadak karena keterbatasan sumber daya manusia juga, Anak-anak terlihat bosan sebab buku-buku yang menarik sulit didapat, Orang tua sering mengabaikan pesan masuk melalui whatshapp, perlu adanya pengembangan program agar tidak monoton dan terjadi kebosanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Fakar, Siti PartimahUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Gerakan Literasi Sekolah; SDUA THC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:14
Last Modified: 19 Oct 2019 12:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item