Analisis Tentang Penanaman Nilai-Nilai Moderasi pada Pendidikan Karakter Kelas IV di MIN 01 Rejang Lebong

Erawati, Desti and Hidayat, Rahmad and Amin, Muhammad (2020) Analisis Tentang Penanaman Nilai-Nilai Moderasi pada Pendidikan Karakter Kelas IV di MIN 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS TENTANG PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI PADA PENDIDIKAN KARAKTER KELAS IV DI MIN 01 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Nilai moderasi merupakan nilai keberagaman dan suatu sikap yang dimiliki seseorang yang selalu berusaha tidak memihak sebelah kiri atau sebelah kanan serta mengambil jalan tengah untuk menghindari kekerasan dan menghindari ke ekstriman (netral) sehingga kedua sikap ataupun salah satunya tidak mendominasi dalam pikiran maupun sikap seseorang. Dalam dunia pendidikan, nilai-nilai moderasi akan banyak di laksanakan pada pendidikan karakter. Nilai-nilai moderasi Islam dalam hal ini adalah yang terkandung dalam proses belajar mengajar dan materi pembelajaran yang integrasikan pada pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti yakni untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai moderasi yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal pada pendidikan karakter kelas IV di MIN 01 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumentasi untuk bukti penelitian. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pertama, dalam menanamkan komitmen kebangsaan pada pendidikan karakter yang terdapat di kelas IV A dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan menyanyikan lagu wajib nasional ketika akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung. Kedua, dalam menanamkan toleransi pada pendidikan karakter yakni dengan diadakannya diskusi dengan melihat segala perbedaan yang ada agar masalah perbedaan dapat terselesaikan. Ketiga, dalam menanamkan anti kekerasan di dalam diri siswa guru memberikan nasehat, pengertian, pemahaman serta teguran kepada siswa yang bermasalah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Selain itu memberikan contoh yang baik kepada siswanya. Keempat, dalam menanamkan sikap akomodatif terhadap kebudayaan lokal guru selalu memberikan arahan dan penjelasan agar siswa terpenuhi rasa ingin tahu dan rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, tuhannya serta kepada lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Erawati, DestiUNSPECIFIED
Hidayat, RahmadUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Moderasi, Pendidikan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:46
Last Modified: 21 Feb 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item