Pengaruh Parenting Style dan Tipe Kepribadian Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PAI Angkatan 2015 IAIN Curup

Sari HS, Devi Purnama and Mustar, Saidil and Arsil, Arsil (2019) Pengaruh Parenting Style dan Tipe Kepribadian Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PAI Angkatan 2015 IAIN Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi devi purnamasari.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh parenting style dan tipe kepribadian yang berhubungan dengan prestasi akademik studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : seberapa baik parenting style (X1), tipe kepribadian (X2), prestasi akademik (Y) akademik?, apakah parenting style (X1) berpengaruh terhadap tipe kepribadian (X2)?, apakah parenting style (X1) dan tipe kepribadian (X2) berpengaruh terhadap prestasi akademik (Y)?, apakah parenting style (X1) dan tipe kepribadian (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi akademik (Y)?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik parenting style, tipe kepribadian (X2) prestasi akademik (Y), apakah parenting style (X1) berpengaruh terhadap tipe kepribadian (X2), apakah parenting style (X1) dan tipe kepribadian (X2) berpengaruh terhadap prestasi akademik (Y), apakah parenting style (X1) dan tipe kepribadian (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi akademik (Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 101 mahasiswa dan mahasiswi PAI angkatan 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t test satu sampel, kolerasi product moment, kolerasi ganda dan kolerasi parsial. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama parenting style baik karena thitung = -1,12 berada diantara ttabel yaitu -2,63 dan 2,63.Kedua tipe kepribadian baik karena thitung = 0,40 berada diantara ttabel yaitu -2,63 dan 2,63, Ketiga prestasi akademik sangat tinggi karena thitung = 3,08 lebih besar dari ttabel yaitu -2,63 dan 2,63. keempat terdapat pengaruh positif antara parenting style terhadap tipe kepribadian karena rhitung= 0,432 lebih besar dari rtabel taraf 1%= 0,1956, kelima, terdapat pengaruh positif antara parenting style terhadap prestasi akademik karena rhitung = 0,432 lebih besar dari rtabel taraf 1%= 0,1956, Keenam terdapat pengaruh positif antara tipe kepribadian terhadap prestasi akademik karena rhitung= 0,52 lebih besar dari rtabel taraf 1% = 0,1956. ketujuh terdapat pengaruh positif antara parenting style dan tipe kepribadian secara bersama-sama terhadap prestasi akademik karena rhitung = 0,58 lebih besar dari rtabel taraf 1%= 0,1956. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi lembaga IAIN Curup, para Dosen dan para Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari HS, Devi PurnamaUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Parenting style, tipe kepribadian, prestasi akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:36
Last Modified: 30 Jan 2023 04:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item