Pengembangan Kreativitas Siswa Menghasilkan Karya melalui Daur Ulang Sampah pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan SDN 49 Rejang Lebong

Sari, Desi Nopita and Susilawati, Susilawati and Zulaiha, Siti (2020) Pengembangan Kreativitas Siswa Menghasilkan Karya melalui Daur Ulang Sampah pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan SDN 49 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
JILID DESI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya mengembangkan kreativitas siswa, untuk membangun dan mengasah kemampuan motorik kasar dan halus pada anak, imajinasi, mengembangkan daya pikir anak, dan melatih konsentrasi pada anak, dengan permasalahan tentang kurangnya kreativitas dari guru Seni Budaya dan Keterampilan dalam proses mengajar, pemahaman tentang pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bahwa bukan hanya pelajaran khusus menggambar saja, dan kreativitas untuk mengelola hasil sampah menjadi sebuah karya. Dengan adanya kegiatan mendaur ulang sampah, diharapkan pembentukan kreativitas anak akan lebih muda di bentuk dan dapat di atasi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau bagaimana pembentukan kreativitas siswa melalui karya dari daur ulang sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Seni Budaya dan Keterampilan, dan Siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah menerapkan daur ulang sampah seperti membuat karya dari plastik, pipet, kertas untuk membentuk kreativitas siswa, (2) Hasil karya melalui daur ulang sampah dikatakan meningkat karena proses praktek anak yang mampu menghasilkan berbagai karya bunga, vas, tirai jendela, lampion dll (3) Hasil pengembangan kreativitas siswa terdapat perubahan yang cukup baik dari belum tahu menjadi tahu, dari yang anak yang hanya bisa berpikir hingga bisa berimajinasi dan sampai anak yang tidak tahu proses dari hasil sebuah karya sampai anak itu sendiri bisa melakukannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Desi NopitaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Karya, Daur Ulang Sampah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:46
Last Modified: 21 Feb 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item