Analisis Tindak Tutur Direktif Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Interaksi Pembelajaran

Peronika, Pipin and Kurniawan, Kurniawan and Amin, Muhammad (2020) Analisis Tindak Tutur Direktif Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Interaksi Pembelajaran. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tindak tutur direktif adalah salah satu bentuk dari penggunaan bahasa yang dapat digunakan oleh guru dalam interaksi dikelas. Tindak tutur direktif merupakan tindak tutur yang bertujuan untuk mempengaruhi mitra tutur agar melakukan tindakan seperti yang diutarakan oleh si penutur. Tindak tutur direktif juga memiliki makna dalam setiap tuturannya, yaitu seperti makna meminta, memerintah, mengizinkan, melarang, memberi saran dan mengajak. Pada saat interaksi pembelajaran di kelas, tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru juga dapat mempengaruhi perkembangan nilai-nilai karakter pada diri siswa. Bahasa atau tuturan guru yang berkarakter, mampu melaksanakan pendidikan yang memungkinkan untuk membangun serta menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter pada siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian yang telah dijabarkan oleh peneliti, yaitu pertama mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif guru dalam penanaman nilai-nilai karakter pada interaksi pembelajaran, kedua makna tindak tutur direktif guru dalam penanaman nilai-nilai karakter pada interakasi pembelajaran dan yang ketiga nilai-nilai karakter yang ditanamkan guru melalui tindak tutur direktif guru pada interaksi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitiannya yaitu penelitian kepustakaan (Library research), dimana sumber-sumber datanya terdiri dari sumber primer yaitu diperoleh dari literatur-literatur bacaan seperti buku, jurnal, artikel, dan sumber sekundernya dari penelitian-penelitian yang relevan. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian adalah jenis-jenis dan makna tindak tutur direktif yang sering digunakan oleh guru yaitu tindak tutur direktif permintaan, pertanyaan, dan nasihat. Serta nilai-nilai karakter yang ditanamkan yaitu religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, tanggung jawab. Saat interaksi pembelajaran berlangsung dalam menanamkan nilai-nilai karakter guru juga mempunyai tujuan agar siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Agar komunikasi yang terjadi antara penutur yaitu guru dan mitra tutur yaitu siswa dapat berhasil, maka mitra tutur harus memahami makna dari komunikasi tersebut, untuk dapat memahami dan menangkap maksud komunikasi tersebut, dapat dilihat dari konteks tuturan komunikasi tersebut sehingga dapat memahami makna atu tujuan dari pembicaraan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Peronika, PipinUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Direktif, Nilai-Nilai Karakter, Interkasi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:46
Last Modified: 21 Feb 2023 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item