Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication, And Technology) Pada Mata Pelajaran Pai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Kreatif ‘Aisyiyah

Arianti, Devi and Ifnaldi, Ifnaldi and Putrajaya, Guntur (2019) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication, And Technology) Pada Mata Pelajaran Pai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Kreatif ‘Aisyiyah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi devi arianti.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan media pembelajaran berbasis ICT (Information, Communication, and Technology) bagi siswa kelas VIII C di SMP Kreatif ‘Aisyiyah tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pengamatan; (3) pelaksanaan; dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Kreatif ‘Aisyiyah yang berjumlah 27 siswa, 11 laki-laki,dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ICT (Infomation, Communication, and Technology) yang dipilih untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran PAI adalah media pembelajaran yang menggunakan aplikasi Prezi dan Sparkol Videoscribe. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum menerapkan media pembelajaran berbasis ICT yang menggunakan aplikasi Prezi dan Sparkol Videoscribe yaitu termasuk dalam kategori kurang dari hasil kriteria tersebut dapat diamati bahwa pada pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata 64,92 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 59,25 % dengan jumlah siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 16 siswa dari total 27 yang hadir, sedangkan KKM pada mata pelajaran PAI di Sekolah Kreatif SMP ‘Aisyiyah yaitu, ≥ 70. Namun, setelah pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis ICT yang menggunakan aplikasi Prezi dan Sparkol Videoscribe dalam mata pelajaran pada siklus I dan II diperoleh data nilai hasil belajar meningkat. Hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,62 dan persentase ketuntasan 74,07 % dengan jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 20 siswa dari total 27 siswa yang hadir. Kemudian siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,81 dan persentase ketuntasan 88,88 % dengan jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 24 siswa dari total 27 siswa yang hadir. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 88,88 % maka dinyatakan bahwa standar keberhasilan telah mencapai 75 % dan tuntas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arianti, DeviUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis ICT, Prezi , Sparkol Videoscribe, Hasil Belajar, PTK (Action Research)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:38
Last Modified: 30 Jan 2023 04:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item