Analisa, Feti and Murniyanto, Murniyanto and Khair, Ummul (2020) Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada Proposal Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Angkatan 2014. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN BAHASA INDONESIA (EBI) PADA PROPOSAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKA.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan dalam penulisan Ejaan Bahasa Indonesia pada proposal mahasiswa PGMI IAIN curup dalam membuat sebuah proposal. Identifikasi masalah : 1. Mahasiswa kurang memahami pemakaian huruf dan tanda baca 2. Kurangnya minat mahasiswa untuk belajar 3. Mahasiswa beranggapan bahwa bahasa Indonesia itu mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan penulisan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada huruf kapital, huruf miring, tanda baca, kata depan , dan kata hubung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif yang dilakukan pada proposal mahasiswa PGMI angkatan 2014. Penelitian kualitatif yang dilakukan secara menganalisis proposal adapun tahap-tahap dalam menganalisis yaitu tahap pertama mengumpulkan 40 buah proposal mahasiswa PGMI angkatan 2014, tahap kedua membaca proposal yang sudah dikumpulkan, tahap ketiga mencari kesalahan yang akan dianalisis, tahap keempat membenarkan kesalahan yang sudah ditemui. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada proposal mahasiswa prodi PGMI IAIN Curup terdiri dari :1). Kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 238 kesalahan dengan persentase kesalahan 95,2%, yang meliputi kesalahan penulisan awal kalimat sebanyak 7 kesalahan, kesalahan pada nama orang sebanyak 3 kesalahan, kesalahan nama bangsa, suku dan bahasa 142 kesalahan, kesalahan nama lembaga 78 kesalahan, kesalahan nama agama,kitab suci, dan tuhan terdapat 2 kesalahan, kesalahan nama tahun, bulan hari, dan hari besar 9 kesalahan 2). Kesalahan penulisan tanda baca sebanyak 12 kesalahan dengan persentase kesalahan 4.8%, yang meliputi kesalahan tanda hubung 4 kesalahan, kesalahan tanda koma 3 kesalahan, kesalahan tanda tanya 4 kesalahan 3). Kesalahan pemakaian huruf miring sebanyak 137 kesalahan dengan persentase 54,8% 4). Kesalahan penulisan kata depan sebanyak 121 kesalahan dengan persentase kesalahan 48.4%, yang meliputi kesalahan di 120 kesalahan,dan ke 1 kesalahan 5). Kesalahan penulisan kata hubung sebanyak 61 kesalahan dengan persentase kesalahan 24.4%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), Proposal Mahasiswa | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1569 |
Actions (login required)
View Item |