Yunita, Pera and Susilawati, Susilawati and Putri, Dini Palupi (2020) Hubungan Kecerdasan Interpersonal terhadap Keterampilan Sosial pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 R.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Bagi anak kecerdasan interpersonal sangat membantu dalam anak dalam menyesuaikan diri serta dalam membentuk hubungan sosial. Demikian pula sebaliknya, tanpa kecerdasan interrpersonal siswa akan mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Mereka akan mengalami banyak hambatan dalam dunia sosialnya seperti kesepian, merasa tidak berharga serta suka mengisolasi diri. Minimnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan cenderung acuh terhadap lingkungan disekitarnya. Masalah kecerdasan interpersonal didalam kegiatan pembelajaran sendiri menyebabkan siswa kurang mampu bekerjasama dengan siswa lain cenderung pasif, dijauhi serta kurang mampu berinteraksi dengan guru serta siswa lain. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui Kecerdasan interpersonal terhadap Keterampilan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Rejang Lebong dan Hubungan kecerdasan intersonal terhadap Keterampilan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Rejang Lebong. Metodologi yang dipakai adalah dengan menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari satu variable yaitu kecerdasan interpersonal, Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Rejang Lebong yang berjumlah 21 orang, dengan sampel 21 siswa yang terdiri dari kelas IV SDN 15 Rejang Lebong. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Setelah menyebarkan angket Maka hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus kofisien korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan korelasi antara hubungan kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan sosial siswa menghasilkan angka sebesar 0,46. Dengan DF sebesar 19 maka signifikan dari r product moment 0,433 pada taraf signifikan 5% ternyata rxy sebesar 0,46 lebih besar dari 0,413 maka didapat r hitung lebih besar dari r tabel maka disimpulkan Hipotesis Alternative (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak, sehingga kesimpilan dari penelitian ini adalah hubungan kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV SDN 01 Rejang Lebong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1567 |
Actions (login required)
View Item |