Junita, Nita and Rahman, Abdul and Arbaini, Wiwin (2020) Peran Dosen Penasehat Akademik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
PERAN DOSEN PENASEHAT AKADEMIK.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Selama kuliah setiap mahasiswa mempunyai dosen Penasehat Akademik (PA). Dosen tersebut berkewajiban membimbing mahasiswa agar sukses dalam studinya. Semangat kuliah mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi, sedangkan dosen penasehat merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi kuliah. Peran dosen Penasehat Akademik sebagai motivator merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajarannya, dengan demikian mahasiswa termotivasi untuk melaksanakan dan mencapai tujuan pembelajaran selama. Menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dosen Penasehat Akademik dalam meningkatkan motivasi kuliah mahasiswa PGMI IAIN curup, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dosen Penasehat Akademik dalam meningkatkan motivasi kuliah mahasiswa PGMI IAIN curup. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yang berkaitan dengan prodi pgmi, baik itu dosen penasehat akademik, ketua prodi, staf prodi, mahasiswa pgmi, dan lain-lain. Teknik penggalian datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknis analisis data yang lakukan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran yang dilakuan oleh dosen Penasehat Akademik (DPA) dalam meningkatkan motivasi kuliah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Itidaiyah (PGMI) iain curup yaitu dengan membuat planning (dosen dan mahasiswa bersama-sama membuat rencana studi mahasiswa), organizing (pembagian dosen penasehat akademik diseimbangkan), actuating (dosen penasehat akademik lebih aktif dalam menjalankan tugasnya), dan controlling (dosen Penasehat Akademik mengawasi mahasiswa). Faktor pendukung bagi dosen Penasehat Akademik dalam meningkatkan motivasi kuliah mahasiswa PGMI terbagi menjadi dua, yaitu dorongan dari dalam (keinginan, pembawaan individu, kesadaran, pengalaman masa lampau) dan dorongan dari luar (pujian dan hadiah, peraturan/tata tertib, paksaan, suri tauladan, mengetahui hasil, saingan/kompetisi), sedangkan faktor penghambatnya adalah manajemen waktu, ruangan, kesibukan, orang tua, dan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran, motivasi, dosen penasehat akademik | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1563 |
Actions (login required)
View Item |