Kendala-Kendala Yang Dihadapi Oleh Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong

Arianto, Subur and Azwar, Beni and Arsil, Arsil (2018) Kendala-Kendala Yang Dihadapi Oleh Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI OLEH GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang baru satu semester diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong. Didalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 yang baru diterapkan ini tentu memiliki beberapa kendala, dan upaya untuk mengatasi kendala-kendala itu sangatlah penting untuk dipelajari. Pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa yang dimaksud dengan implementasi kurikulum 2013?, 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong?, 3) Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan/kendala-kendala dalam menerapkan kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Cara pengambilan datanya ialah wawancara kepada informan atau subjek penelitian, mengamati lokasi dan kegiatan serta menganalisis beberapa dokumentasi/arsip yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Guru yang berkenaan dengan Penerapan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Rejang Lebong. Kendala –kendala yang dihadapi dalam menerapkan kurikulum 2013 diantaranya: 1) Guru masih banyak yang kurang memahami bagaimana cara menerapkan kurikulum 2013 dengan baik. 2) Sarana dan prasarana yang tidak mendukung. 3) penilaian kurikulum 2013 yang bersifat autentik

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Arianto, SuburUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kendala-kendala dan Implementasi Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:14
Last Modified: 19 Oct 2019 12:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item