Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Verawati, Yosi and Azwar, Beni and Mutia, Mutia (2020) Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA DI SDIT KHOIRU UMMAH.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan memaksimalkan fungsi otak kanan, ciri khas metode ini adalah membaca Al- Qur’an dengan alunan nada hijaz, SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong merupakan salah satu sekolah dasar yang menerapkan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an (T2Q). Metode Wafa ini baru diterapkan karena sebelumnya menerapkan metode Ustmani. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong? (2) Apa saja kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikan metode wafa? dan (3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara (terstruktur dan tidak terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan langkah-langkah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong belum diterapkan secara utuh sesuai dengan buku panduan wafa, karena SDIT Khoiru Ummah masih dalam tahap peralihan dari metode sebelumnya yaitu Ustmani. Pengelompokannya masih berdasarkan kelas. Namun untuk strategi mengajar yang digunakan guru sudah sesuai dengan buku panduan wafa. Guru menggunakan metode 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian dan Penutupan), (2) Kendala yang ditemukan dalam Implementasi metode Wafa yaitu pada awal penerapannya belum ada media pembelajaran yang memadai , (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan mendatangkan media dari pusat. Implementasi metode wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa pada mata pelajaran tahsin di SDIT Khoiru Ummah Rejang Lebong dapat dinyatakan cukup berhasil pada tahap awal ini karena berdasarkan hasil evaluasi, nilai rata-rata anak sudah mencapai target yang diharapkan. Saran yang diberikan peneliti adalah sebagai umat muslim sudah seharusnya kita selalu berusaha mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Verawati, YosiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Wafa, Tahsin, SDIT Khoiru Ummah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item