Analisis Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Rejang Lebong

Rubiyah, Rubiyah and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Warsah, Idi (2020) Analisis Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
RUBIYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan MIN 4 Rejang Lebong bagi masyarakat adalah untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dengan harapan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya dari segi akademis maupun non akademis. Sebagai pendidikan formal MIN 4 Rejang Lebong mempunyai potensi untuk berkembang sebagai lembaga pendidikan yang mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Dalam perkembangan mutu pendidikan MIN 4 Rejang Lebong patut dibanggakan, karena merupakan salah satu madrasah yang ingin menjadi madrasah yang bermutu. Untuk itu tujuan penelitian ini berusaha menemukan gambaran ilmiah tentang kebijakan kepada MIN 4 Rejang Lebong dalam meningkatkan mutu Pendidikan di madrasah tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, hal ini karena jenis penelitian ini deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik observasi ke lapangan, wawancaran dengan informan primer maupun sekunder, serta mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan masalah di atas. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama Kebijakan Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Rejang Lebong dapat tercapai dengan memprioritaskan madrasah dalam: pengembangan kurikulum dan pengembangan profesionalitas guru melalui kegiatan KKG; Kedua, Kebijakan kepala madrasa dapat dilakukan melalui faktor internal dan eksternal madrasah sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Rejang Lebong: sikap jujur guru, penghargaan, iklim komunikasi demokrasi yang serasi dan manusiawi antara pimpinan dan guru. Ketiga, Sedangkan yang menjadi Peluang dan tantangan yang dihadapi oleh kepala madrasah sangat berat yaitu memnumbuhkan suasana madrasah yang kondusif, menumbuhkan rasa tanggungjawab kepada guru dalam mengajar merupakan tantangan yang harus dihadapi, sehingga melalui koordinasi dengan pimpinan kabupaten, komite madrasah dan masyarakat, maka tantangan tersebut dapat diatasi, sehingga mutu pendidikan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Rubiyah, RubiyahUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebijakan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item