Pengembangan Modul Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas V di Min 03 Kepahiang

Lastri, Lastri and Nasution, Aida Rahmi and Meldina, Tika (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas V di Min 03 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Lastri.pdf

Download (5MB)

Abstract

Modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal merupakan perangkat pembelajaran yang memuat prinsip-prinsip kearifan lokal di Kabupaten Kepahiang beserta foto-foto aktual kegiatan ekonomi lokal. Tujuan pengembangan modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal yaitu untuk mengetahui desain pengembangan modul, bagaimana tingkat dari kevalidan modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal, dan bagaimana respon siswa terhadap modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dengan menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang terdiri dari potensi masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain tersebut, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Hasil analisis kebutuhan dari guru memperoleh skor 80,85% dalam kategori “Dibutuhan” dan siswa 61,34 dalam kategori “Dibutuhkan”. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dengan kelompok yang sama untuk mengetahui tingkat pemahaman anak terhadap penggunaan modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 92,85% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa yaitu sebesar 82,14% dengan kategori sangat layak, dan ahli media yaitu sebesar 95,45% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh bahwa produk modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal sudah layak digunakan karena berada pada kategori “Sangat Layak” dan modul membuat anak belajar aktif, mandiri, dan mengenal kearifan lokal di Kabupaten Kepahiang. Tingkat pemahaman terhadap modul diperoleh skor sebesar 60,65 berada dalam kategori “Cukup Efektif” dan respon guru dan siswa terhadap modul pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal diperoleh persentase dari guru sebesar 94,34% dan siswa sebesar 96,47% yang berada dalam kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lastri, LastriUNSPECIFIED
Nasution, Aida RahmiUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item