Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada Kemampuan Berpikir Kritis IPA di Sekolah Dasar

Sari, Nanda and Amda, Ahmad Dibul and Syaripah, Syaripah (2020) Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada Kemampuan Berpikir Kritis IPA di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NANDA SARI.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini model pembelajaran Predict Observe Explain. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menghadapai era revolusi industry 4.0 siswa diharuskan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, hanya saja dalam mata pelajaran IPA yang dilaksanakan di sekolah dasar belum mampu untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di karenakan pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat teacher center serta menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang dengannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui model pembelajaran Predict Observe Explain, 2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada IPA, 3) untuk mengetahui model pembelajaran Predict Observe Explain pada kemampuan berpikir kritis IPA di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah library research dengan pendekatan interpretatif. Metode pengumpulan data yaitu studi pustaka, dokumentasi, dan mengakses situs internet. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis), dengan langkah-langkah kerja yaitu menentukan unit alalisis, menenyukan variabel, menyusun kategori dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep utama model pembelajaran Predict Observe Explain yaitu model pembelajaran yang memiliki langka-langkah dimana siswa merumuskan sebuah hipotesis kemudian dicari kebenarannya dengan melakukan percobaan. Setelah itu siswa menjelaskan kebenaran hipotesis yang di telah rumuskan di depan kelas. Faktor pendukung dalam mengaplikasikan model pembelajaran ini yaitu faktor psikologi seperti faktor memori dan kepercayaan diri dan faktor lain seperti fasilitas sekolah, faktor siswa, penguatan, motivasi dan keterampilan guru. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu lingkungan sosial, alokasi waktu pembelajaran, faktor orang tua dan kondisi kelas. Kedua, kemampuan berpikir kritis pada IPA memiliki ciri-ciri yaitu memiliki pemikiran yang terbuka, berkeinginan mencari informasi, mampu berkomunikasi dengan baik, kreatif, toleransi, mampu menganalisis, mengsintesis, mampu mengenal dan memecahkan masalah dan mampu mengevaluasi. Langkah-langkah kemampuan berpikir kritis pada IPA yaitu terdiri dari merumuskan masalah, memberikan penjelasan, mengevaluasi, mengambil keputusan dan menarik kesimpulan. Ketiga, Model pembelajaran Predict Observe Explain merupakan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA hal tersebut berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir peserta didik yang ditunjukkan dari beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, NandaUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model POE (Predict Observe Explain), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item